Rutin Ganti Pembalut! Inilah Mitos Seputar Menstruasi

Jum'at, 20 September 2019 20:00 Dona Dela Healthy

Rutin Ganti Pembalut! Inilah Mitos Seputar Menstruasi


Koropak.co.id - Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Kota Tasikmalaya menilai siklus menstruasi juga wajib diketahui anak laki-laki. Hal itu guna menekan angka perundungan yang dilakukan anak laki-laki terhadap anak perempuan yang baru mengalami fase menstruasi.

Demikian disampaikan Fasilitator Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Kota Tasikmalaya Wini Indriyani saat dikonfirmasi Koropak, Jumat (20/9/2019) saat kegiatan sosialisasi mengenai menstruasi serta sanitasi pembuangan pembalut, di Pondok Pesantren Sulalatul Huda yang beralamat di Gang Bojongsari, Tugujaya Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019).

Wini menyarankan bagi anak perempuan yang baru mengalami fase menstruasi untuk rutin mengganti pembalut 3-4 kali sehari guna mencegah berkembang biaknya bakteri yang dapat menimbulkan penyakit di vagina.

"Untuk waktu penggantian pembalut, bisa mengambil waktu saat mandi pagi, saat sekolah, saat pulang sekolah, saat mandi sore, sebelum makan malam, dan sebelum tidur. Jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut. Tidak lupa selalu mencatat tanggal menstruasi di setiap bulannya," katanya.

 

Koropak.co.id - Rutin Ganti Pembalut! Inilah Mitos Seputar Menstruasi (1)

 

Baca : Wow! Laki-Laki Juga Harus Paham Proses Menstruasi Perempuan

 

Wini juga mengungkapkan fakta-fakta dan mitos tentang menstruasi. Berikut Koropak telah merangkum 3 ulasan mitos menstruasi.

1. Berkeramas saat menstruasi
Tidak boleh berkeramas saat menstruasi adalah mitos. Biasanya haid berlangsung maksimal 14 hari, tentu bisa terbayang jika anak perempuan tidak keramas selama 14 hari?.

2. Konsumsi minuman bersoda saat menstruasi
Sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi minuman bersoda saat menstruasi asalkan jangan berlebihan. Hal itu dikarenakan soda mengandung gas yang bakal membuat perut kembung.

3. Tidak boleh beraktivitas dan olahraga
Olahraga itu kegiatan yang sangat positif dan menyehatkan. Olahraga bisa membantu mengalihkan kecemasan anak perempuan yang sedang menstruasi terhadap rasa sakit saat menstruasi.*

 

Baca pula : Kiat Kurangi Nyeri Haid