Teater 28 Unsil Pacu Apresiasi Atas Setiap Karya Seni

Selasa, 17 September 2019 19:32 Erni Nur'aeni Musik

Teater 28 Unsil Pacu Apresiasi Atas Setiap Karya Seni


Koropak.co.id - Musikalisasi puisi jadi ajang untuk mengekspresikan hasil karya dalam sebuah kemasan berbeda yang lebih menyentuh, dan lebih berwarna.

Perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Ilham Shafhan Jamil menuturkan dengan musikalisasi, pegiat dapat mengekspresikan perasaan dan perkataan yang ingin disampaikan melalui kemasan yang berbeda.

"Puisi dikemas dan ditampilkan melalui konsep musikalisasi. Aransemen lagunya sangat mengandalkan musikalitas pegiat puisi tersebut. Jadi, musikalisasi selain menguji kemahiran dalam membacakan puisi, juga menguji skil dalam bermusik," kata Ilham saat berbincang bersama Koropak, Selasa (17/9/2019).

Ditambahkan Ilham, musikalisasi puisi juga bisa menjadi media penyampai pesan ataupun ungkapan rasa terimakasih kepada seseorang yang telah berjasa. Seperti halnya UKM Teater 28 Unsil yang menyampaikan terimakasih kepada pendiri teater Unsil, Titin Sertiarti atas jasanya yang telah melahirkan wadah untuk berkumpulnya mahasiswa Unsil yang memiliki kegemaran dalam dunia bersajak.

 

Koropak.co.id - Teater 28 Unsil Pacu Apresiasi Atas Setiap Karya Seni (2)

 

Baca : UKM Teater 28 Tasikmalaya Jalin Silaturahmi Lewat Kreasi Seni

Melalui kegiatan Musikalisasi Puisi HUT ke-29 Teater 28 Unsil yang digelar di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jalan Lingkar Dadaha Nomor 18 Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019) lalu.

"Musikalisasi puisi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan HUT ke-29 UKM Teater 28 Unsil yang menghadirkan beberapa grup musikalisasi puisi dari kalangan mahasiswa Unsil. Tujuannya, mengungkapkan rasa terimakasih kepada Ibu Titin yang telah berjasa mendirikan UKM Teater 28 Unsil," kata Ilham yang merupakan Ketua Pelaksana HUT ke-29 Teater 28 Unsil.

Di pertunjukan tersebut, ucap Ilham, antusias penonton sangat tinggi. Diharapkan setelah selesainya konser musikalisasi puisi, dapat meningkatkan minat serta kreativitas setiap insan untuk menghargai karya seni, karena karya seni merupakan hal yang indah jika dapat menikmatinya.*

 

Baca pula : Berkesan! Teater Mati Sehari Menjelang Pemilukada