Benarkah Daging Kambing Memicu Kolesterol Naik? Ini Penjelasan Dokter

Minggu, 11 Agustus 2019 06:16 Hazna Fairuz Kuliner

Benarkah Daging Kambing Memicu Kolesterol Naik? Ini Penjelasan Dokter


Koropak.co.id - Banyak orang menghindari mengkonsumsi daging kambing dengan alasan dapat memicu kolesterol naik. Menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Minggu (11/8/2019), tentu akan banyak sajian olahan daging kambing menjadi masakan lezat seperti sate, rendang, sup dan gulai.

Menyoal daging kambing dapat memicu kolesterol naik, dikonfirmasi Koropak, Jumat (9/8/2019) dr. Anggia Puspitasari menyebutkan tidak ada keterkaitan antara daging kambing dan kolesterol.

"Sebenarnya yang memicu kolesterol naik itu adalah cara masaknya. Daging kambingnya sama sekali tidak memicu kolesterol, hanya pengolahan daging kambing yang dimasak dengan santan, minyak, dan rasa gurih yang melekat yang dapat memicu kolesterol," ujar dr. Anggia.

Hal tersebut, kata dr. Anggia, diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan di Jurnal Gizi Klinik Indonesia yang menyebutkan bahwa tidak ada keterkaitan antara daging kambing dan kolesterol. Justru yang membuat kolesterol naik adalah pengolahan daging kambing dengan beragam bumbu.

"Masakan yang penuh lemak, jika dilakukan pemanasan secara berulang dapat memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Agar aman lebih baik pengolahan daging kambing dengan cara dipanggang, bisa juga dibuat sate namun usahakan pembakarannya tanpa menggunakan arang karena arang akan memicu karsinogenik," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Benarkah Daging Kambing Memicu Kolesterol Naik Ini Penjelasan Dokter (2)

 

Baca : Kiat Diet Tepat Sesuai Golongan Darah

Kolesterol, kata dr. Anggia, sebenarnya tidak berbahaya, karena dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan beberapa hormon dalam tubuh seseorang. Namun untuk seseorang yang memiliki riwayat dislipidemia dan tinggi kolesterol dianjurkan untuk mengurangi porsi makan daging kambing.

Setelah makan olahan daging kambing akan lebih baik dinetralisasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat seperti apel, jeruk, alpukat, dan anggur. Jumlah asupan serat yang baik adalah sekitar 25 gr per hari.

Normalnya dalam sehari, tubuh membutuhkan total protein sebanyak 100-150 gr yang didapatkan dari produk nabati dan hewani. Dari produk hewani bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sekitar 1-2 potong daging. Sementara untuk riwayat kolesterol, dianjurkan mengurangi porsi daging dengan tidak lebih dari 1 potong daging dalam sehari.*

 

Baca pula : Aneka Makanan Populer Saat Lebaran