Petani Durian Tetap Bisa Jualan Meski Tidak Pada Musimnya

Rabu, 07 Agustus 2019 07:32 Eris Kuswara Kuliner

Petani Durian Tetap Bisa Jualan Meski Tidak Pada Musimnya


Koropak.co.id - Beberapa pedagang durian di pinggir jalan kini merasa diuntungkan, karena mereka bisa terus menjual buah durian meskipun sedang tidak pada musimnya. Hal itu setalah mereka (para pedagang durian, red) dirangkul oleh Outlet Aka Durian yang berada di Jalan Terusan BCA Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Pemilik Outlet Aka Durian, Nuco Firmansyah atau yang lebih akrab disapa Aka mengatakan, Aka Durian merangkul para pedagang dan petani durian dengan tujuan sesuai visi dan misi yakni untuk mengangkat derajat para petani durian dengan cara membantu mereka, agar tetap bisa berjualan.

"Rata-rata pedagang yang datang kesini tidak diharuskan menyetor uang untuk pembayaran. Mereka bisa mengambil durian dari kami dan membayar setelah ada yang terjual," kata Aka, Rabu (7/8/2019).

 

Koropak.co.id - Petani Durian Tetap Bisa Jualan Meski Tidak Pada Musimnya (2)

 

Baca : Dari Musang Queen Sampai Duri Hitam, Ada di Aka Durian Tasikmalaya

Ditambahkan, untuk bisa mendapatkan durian musang king asli (jenis durian yang hanya di tanam di Pahang Malaysia), pihaknya bekerjasama dengan beberapa pertanian yang ada di Malaysia.

"Sebenarnya tanah di Indonesia paling subur dibandingkan dengan Malaysia, tetapi hal yang menjadi kekurangannya adalah dari segi teknologi yang dimiliki. Teknologi pertanian di Malaysia jauh lebih maju," ucapnya.

Aka berharap, pihaknya bisa lebih meningkatkan taraf hidup petani. Bukan hanya tanaman yang diandalkan pada saat musimnya saja, tetapi bisa menjadi sebuah pendapatan yang berkelanjutan bagi para petani durian.

"Contohnya jika belum musim durian mereka bisa melakukan pembibitan dan menjual bibitnya. Ketika bibit sudah ada, mereka bisa menjual pupuk," ujarnya.*

 

Baca : Yuk! Serbu Warung Ngadu Tasikmalaya, Ada Durian Varian Lokal Sampai Thailand

 



Berita Terkait