Waspada Demam Berdarah! Cegah Jentik Nyamuk Dengan Gerakan 3M

Kamis, 01 Agustus 2019 14:43 D. Farhan Kamil Healthy

Waspada Demam Berdarah! Cegah Jentik Nyamuk Dengan Gerakan 3M

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi mengingatkan, agar masyarakat menjalankan gerakan 3M, yakni, menutup, menguras dan mengubur. Hal itu untuk memberantas sarang nyamuk penyebab Demam Berdarah (DBD) hingga ke akar-akarnya.

Cara tersebut kata dia, jauh lebih mudah dan berdampak ketimbang foging yang hanya memberantas nyamuk-nyamuk dewasa penyebab DBD, sedangkan jentik nyamuk yang menempati genangan air tidak ikut mati. Oleh karena itu, cara yang paling tepat dalam pencegahan penyebaran nyamuk DBD adalah dengan cara 3M penyimpanan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"Kepada seluruh puskesmas, kita sudah menginstruksikan agar terus menyosialisasikan cara pencegahan dan pengendalian DBD," kata Atang kepada Koropak, Rabu (31/7/2019).

 

Baca : Dinkes Prioritaskan Penanganan Stunting di Kabupaten Tasikmalaya

Ditambahkan Atang, masyarakat diharapkan proaktif dengan menerapkan 3M jika d ilingkungannya ditemukan adanya genangan air atau tempat sarang nyamuk. Melalui gerakan 3M yang dilakukan dengan serius dan rutin serta masif, niscaya penyebaran Demam berdarah bisa ditanggulangi.

"Aksi bersih-bersih lingkungan secara bergotong royong kan lebih bagus. Cara seperti itu juga dapat meningkatkan kekompakan antar warga," ujarnya.*

 

Baca : Evaluasi di Hari Jadi, Angka Stunting Masih Tinggi di Kabupaten Tasikmalaya