Bangkitnya Kembali Industri Musik Tanah Air

Minggu, 07 Juli 2019 08:39 Eris Kuswara Musik

Bangkitnya Kembali Industri Musik Tanah Air


Koropak.co.id - Industri musik Tanah Air sempat lesu beberapa tahun ke belakang. Namun kini, tanda kebangkitannya mulai terlihat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya musisi Indonesia yang merilis album terbarunya hingga bersatunya kembali personil band yang terpisah. Seperti contohnya Noah yang telah menyiapkan album, dan ST12 yang kembali bersatu setelah sempat terpisah.

Hadirnya berbagai konser di Tanah Air juga dinilai mampu mengobati kerinduan masyarakat Indonesia dengan berbagai tembang yang selama ini hanya bisa didengar melalui smartphone, laptop dan piranti pemutar musik lainnya.

 

Koropak.co.id - Bangkitnya Kembali Industri Musik Tanah Air 2

 

Baca : Tahukah Kamu, Musik Bukan Sekedar Hiburan?

Tercatat ST12 kembali ke formasi awal setelah Charly dan Pepeng rujuk dengan Pepep saat ramadan 2019. Band ST12 yang dibentuk secara resmi pada tahun 2004 ini memang sempat mengalami pergantian personil. Pada tahun 2011, sang vokalis, Charly Van Houten, dan gitaris Pepeng, memutuskan keluar dari ST12 dan membentuk Setia Band.

Posisi Charly kemudian digantikan oleh Ridho, serta tambahan personil, Koko di gitar dan Indra di drum. Vokalis kedua, Ridho kemudian kembali diganti oleh Dimas bertepatan dengan momen Ramadan 2014 silam. Kini, ST12 kembali ke formasi awal dan menyiapkan hits terbaru "Jangan Marah-Marah" dengan formasi Charly pada vokal, Pepeng pada gitar, dan Pepep pada drum.

 

Koropak.co.id - Bangkitnya Kembali Industri Musik Tanah Air 3

 

Baca : Di Karnaval SCTV Fans Setia Band Buatkan Masakan Favorit Charly

 

Kembalinya ST12 dalam satu project disambut baik netizen, khususnya fans ST Setia dan Setiaku. Bahkan, dalam video teaser Behind The Scene video klip "Jangan Marah-Marah", netizen menjadikan momentum kembali bersatunya ST12 sebagai sinyal bangkitnya industri musik Indonesia. Kembalinya ST12 juga diakui Charly saat tampil bersama Pepeng di panggung Karnaval SCTV yang digelar di Alun-Alun Ciamis, Jawa Barat pada Minggu (30/6/2019).

Banyak pula netizen yang mengaitkan bersatunya kembali ST12 dengan Noah yang tengah menyiapkan album terbarunya. Kedua band yang menjadi ruh dari industri musik Tanah Air tersebut digadang-gadang menjadi pemicu bergeliatnya kembali kancah musik Indonesia. Demikian halnya dengan Ungu sekembalinya sang vokalis, Pasha yang disibukan dengan karir barunya sebagai Wakil Walikota Palu. Benarkah industri musik Tanah Air bangkit kembali? Kita tunggu saja.*

 

Baca pula : Paradigma Extreme Music Harus Diluruskan