Tahukah Kamu, Kriteria Manusia Incaran Nyamuk?

Jum'at, 28 Juni 2019 21:45 Hazna Fairuz Healthy

Tahukah Kamu, Kriteria Manusia Incaran Nyamuk?

 

Koropak.co.id - Demam berdarah bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk tersebut muncul di mana saja, terlebih di kawasan dengan volume air berlimpah.

Terdapat beberapa faktor yang membuat nyamuk tertarik menghisap darah. Bahkan, jika perlu diketahui, sebagian orang sangat mudah menjadi incaran nyamuk. Penasaran faktor apa saja sehingga mudah menjadi incaran nyamuk? Berikut Koropak telah menyiapkan ulasannya.

1. Golongan darah
Faktor golongan darah tidak bisa diubah. Ahli entomologi medis dari University of Florida, AS, Jonathan Day mengatakan bahwa golongan darah O adalah paling menarik perhatian nyamuk. Dikutip dari Smithsonian, sebuah studi menemukan nyamuk mendarat dua kali lebih sering pada orang bergolongan darah O dibanding golongan darah A atau B.

 

2. Warna baju
Busana berwarna gelap menjadi salah satu penyebab seseorang lebih banyak digigit nyamuk. Pasalnya, warna-warna gelap bakal lebih menonjol sedangkan warna terang bakal berbaur dengan nuansa cahaya.

 

Koropak.co.id - Tahukah Kamu, Kriteria Manusia Incaran Nyamuk (2)

 

Baca : Kiat Ciptakan Rumah Bebas Nyamuk

 

3. Pelepasan karbondioksida
Pada manusia, karbondioksida keluar dari tubuh saat menghembuskan nafas. Hal inilah yang membuat nyamuk datang menghampiri saat mencium karbondioksida. Orang yang memiliki tubuh besar, cenderung lebih sering menghembuskan nafas.

 

4. Produk metabolisme
Nyamuk mendekat saat mencium asam laktat, asam urat, amonia, dan zat lain yang dikeluarkan melalui keringat. Tidak mengherankan jika nyamuk hinggap saat Anda malas mandi. Nyamuk menyukai pula seseorang yang memiliki suhu tubuh tinggi. Hal ini yang membuat peminum alkohol tidak bisa jauh dari nyamuk. Sebuah studi mengatakan, sebanyak 354 bir sudsh mampu membuat Anda jadi idaman nyamuk. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan kadar etanol yang keluar dari keringat dan peningkatan suhu tubuh.

 

5. Bakteri
Bakteri dan jamur secara alami hidup di permukaan kulit manusia. Bau yang disebabkan bakteri dan jamur ini menjadi mudah mendapat gigitan nyamuk. Komposisi mikroba yang ada pada kulit, bergantung pada apa yang dikonsumsi dan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.*

 

Baca pula : Musim Hujan Tiba, Nyamuk Mudah Datang

 



Berita Terkait

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

23 Juni 2019

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin terbanyak. Salah satunya jeruk peras yang mengandung vitamin C, yang sudah terkenal manfaatnya. Untuk mendapatkan…