Masih Muda Sudah Pelupa, Atasi Dengan Olahraga Ini

Jum'at, 28 Juni 2019 09:49 Hazna Fairuz Healthy

Masih Muda Sudah Pelupa, Atasi Dengan Olahraga Ini

 

Koropak.co.id - Olahraga lari merupakan olahraga yang ringan. Namun tentunya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan fisik maupun mental. Rutin lari terbukti meningkatkan peluang Anda berumur panjang. Selain itu, banyak pula manfaat lainnya dari olahraga lari ini, mau tahu apa saja? Simak ulasan Koropak berikut ini.

1. Membuat bahagia
Manfaat lari yang membuat bahagia ini disebut juga "Runner's High". Menurut sebuah penelitian, lari merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid dalam jumlah besar. Endocannabinoid adalah hormon yang bertugas membuat Anda merasa senang. Hormon ini diduga memiliki efek euforia yang lebih kuat dibandingkan endorfin. Lari dipercaya dapat meningkatkan mood dengan segera pada mereka yang menderita depresi.


Baca : Berkendara Bersama Pacar Bikin Bahagia


2. Menurunkan berat badan
Lari membuat Anda tetap bugar karena olahraga kardio ini membakar lemak dengan cepat. Lari membantu mengurangi berat berlebih dan menjaga berat badan Anda secara konsisten. Tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah Anda menyelesaikan sesi lari.

 

Baca : Begini Cara Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran

3. Jasmani yang sehat
Olahraga lari dapat mencegah berbagai penyakit. Pelari wanita memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Berlari juga mengurangi risiko terkena stroke. Banyak dokter menganjurkan olahraga lari sebagai bagian dari rencana pengobatan untuk penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saat berlari, arteri dan jantung Anda menjadi lebih kuat sehingga mengurangi risiko terkena henti jantung. Lari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Baca : Alasan Jantung Berdetak Kencang


4. Menajamkan otak
Fungsi kognitif otak mulai merosot seiring bertambahnya usia. Sehingga kemampuan untuk berpikir dan bahkan mengingat juga semakin sulit. Untuk mencegahnya mulailah berlari. Melawan gangguan kognitif yang terkait usia adalah salah satu manfaat lari yang mungkin tidak pernah terduga. Orang dengan usia lanjut yang rutin berlari dilaporkan memiliki ketajaman ingatan yang lebih baik dan rentang fokus yang lebih lama.*


Baca : Bagian Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

 



Berita Terkait

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

23 Juni 2019

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin terbanyak. Salah satunya jeruk peras yang mengandung vitamin C, yang sudah terkenal manfaatnya. Untuk mendapatkan…