Bukan Kopi, Begini Trik Hilangkan Kantuk di Kantor

Minggu, 23 Juni 2019 09:38 Hazna Fairuz Healthy

Bukan Kopi, Begini Trik Hilangkan Kantuk di Kantor

  

Koropak.co.id - Bagi sebagian orang, secangkir kopi adalah obat untuk menghilangkan kantuk. Apalagi ketika dilanda kantuk berat di tempat kerja, yang diperparah dengan jadwal deadline yang ketat.

Namun jika kopi sudah tak mempan, ada pula beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir kantuk. Penasaran? Berikut Koropak akan mengulasnya.

Pendiri situs kesehatan The Doctor Weighs in, Patricia Salber mengatakan kafein dalam kopi tak selalu ampuh menangkal rasa kantuk.

"Ketika kopi tidak cukup kuat untuk membuat Anda tetap terjaga, saya merekomendasikan Anda untuk berdiri atau berjalan sejenak," kata Salber.

Salber menambahkan, lebih baik meninggalkan ruangan dan mendapatkan cahaya matahari daripada berharap pada secangkir kopi. Paparan cahaya matahari dan udara luar ruangan, dapat meningkatkan tingkat orexin, hormon yang membuat tubuh tetap terjaga.

 

Koropak.co.id - Tak Perlu Kopi, Begini Trik Hilangkan Kantuk di Kantor (2)

 

Baca : Alasan Mengapa Harus Nikmati Keindahan Alam

Selain itu adapula cara lain, yakni dengan merekomendasikan minuman elektrolit untuk menangkal kantuk. Minuman elektrolit dengan kadar gula rendah dapat meningkatkan energi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communication menemukan, otak terasa lelah saat tubuh merasa bosan. Sehingga wajar ketika rasa kantuk muncul saat tubuh merasa bosan. Penyebabnya adalah nukleus accumbens, yang merupakan bagian dari otak yang berhubungan dengan motivasi dan kesenangan. Saat tubuh tidak mendapatkan motivasi dan kesenangan, maka secara otomatis otak akan memberi sinyal untuk tidur.*

 

Baca pula : Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Pick Up Masuk Jurang