Ngabuburit Seru Sambil Berkebun Di Lahan Rumah

Selasa, 04 Juni 2019 20:19 Hazna Fairuz Hobi

Ngabuburit Seru Sambil Berkebun Di Lahan Rumah


Koropak.co.id - Saat berpuasa, banyak waktu luang. Biasanya, jam kantor jadi lebih cepat, dan akan lebih banyak waktu di rumah. jika Anda bosan dengan rutinitas ngabuburit ke luar rumah dan cari makanan berbuka, alternatifnya merawat tanaman dan berkebun. Kegiatan ini tanpa terasa bisa menguras waktu ngabuburit.

Berkebun dianggap kegiatan yang bisa dilakukan semua orang, padahal pada faktanya tidak semua orang mengetahui teknik menanam tumbuhan yang benar. Salah satunya adalah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman, terutama di negara tropis seperti Indonesia.

Berkebun juga memberikan ragam manfaat untuk kesehatan mental. Menurut hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Health Psychology, berkebun efektif untuk menurunkan tingkat stres dan bisa mempercepat masa penyembuhan pasien setelah operasi ringan.

Selain itu, orang-orang yang hobi berkebun memilih suasana hati yang positif dan lebih bijak dalam mengelola stres.

 

Baca : Kebon Mawar Situpaha Garut

 

 

Koropak.co.id - Ngabuburit Seru Sambil Berkebun Di Lahan Rumah (2)

 

Baca : Salurkan Hobi Sambil Ngabuburit


Dilansir dari berbagai sumber, seorang botanis dari Inggris, Alastair Culham, PhD, menjelaskan bahwa temperatur dan kondisi luar ruangan yang terlalu panas bisa menjadi malapetaka pada tanaman kesayangan anda.

"Pemikiran bahwa menyiram tanaman agar daun-daun lebih segar saat musim panas justru tidak benar. Justru dengan menyiram saat musim panas, daun bisa kering dan ini sudah dibuktikan sejak 10 tahun lalu," ucap Dr. Culham.

Dijelaskan Dr. Culham, menyiram tanaman saat siang hari membuat tanaman cepat mati. Saat siang hari tanaman sedang mengalami tahap fotosintesis. Jadi, jika tiba-tiba disiram dengan air, bisa menyebabkan kondisi kaget pada tanaman.

Menyiram saat malam hari, merupakan waktu yang salah. Sebab air membuat daun berada dalam kondisi berair dan lembab terlalu lama sehingga bisa menimbulkan jamur yang membuat tanaman mati. Pada malam hari pula, dapat memberikan sedikit waktu untuk tanaman menyerap air dan mengeringkannya.

Dr. Culham menyarankan waktu terbaik untuk menyiram tanaman saat musim panas adalah pagi dan sore hari, ketika matahari sedang tidak terlalu panas.*

 

Baca : Meriahkan Pesta Kebun Sendiri

 



Berita Terkait

Akhir Pekan Saatnya Produktif

Akhir Pekan Saatnya Produktif

31 Maret 2019

Akhir pekan tentunya merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Mereka ingin berisitirahat atau memanjakan diri, atau mungkin mereka juga…

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian   

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian  

08 Maret 2019

Hal yang satu ini memang terdengar sepele, tapi tidak semua orang telah menemukan hobinya. Jangan-jangan, salah satu dari kalian adalah orang…

Trend Jasa Potret Bayi Gemas

Trend Jasa Potret Bayi Gemas

17 Januari 2019

Koropak.co.id - Melahirkan merupakan momen sakral bagi setiap perempuan. Layaknya momen suci pernikahan yang pasti diabadikan, momen bersalin pun kini bisa…