Duta Anti Rokok Kota Tasikmalaya Suarakan KTR

Minggu, 02 Juni 2019 06:34 Erni Nur'aeni Healthy

Duta Anti Rokok Kota Tasikmalaya Suarakan KTR


Koropak.co.id - Dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Se Dunia yang diperingati pada Sabtu (1/6/2019) ini, Guru Besar Fakultas Kesehatan di Universitas Indonesia membeberkan hasil riset bahwa total kerugian dari adanya keberadaan rokok di Indonesia sebesar Rp 374,06 triliun dan pendapatan yang diterima dari cukai rokok hanya Rp 205,5 triliun.

Salah seorang perwakilan Duta Anti Rokok Kota Tasikmalaya, Benyamin Hartanto mengatakan, dari riset tersebut justru membuat Indonesia terbebani dan menambah masyarakat terjangkit penyakit imbas dari perokok aktif.

"Banyak yang berpikiran bahwa dari rokok menjadi salah satu pendapatan terbesar. Justru, rokok menjadi salah satu beban karena efeknya dapat menyebabkan masyarakat terjangkit penyakit seperti gangguan pernapasan, prostat, dan penyakit lainnya," kata Benyamin saat dikonfirmasi Koropak, Minggu (2/6/2019).

Dikatakan Benyamin, setelah mereka sakit tentunya akan ditanggung oleh BPJS yang sepenuhnya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang menjadi salah satu beban bagi Indonesia.

"BPJS kan juga menjadi salah satu program yang di tanggung oleh dana APBN hal ini otomatis akan menambah beban dari Indonesia,"ujarnya.

 

Koropak.co.id - Kota Tasikmalaya Butuh Agent of Change Stop Merokok 2

 

Baca : DPRD Tegaskan KTR Atur Zonasi Bebas Asap Rokok

Selaku Duta Anti Rokok Kota Tasikmalaya, Benyamin bersama rekan-rekannya ingin menyuarakan kembali pentingnya Kawasan Tanpa Rokok (KTR), yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2018 sehingga masyarakat lebih mengetahui dan dapat mematuhi implementasi Perda tersebut.

"Harus diketahui juga bahwa Kota Resik, julukan Kota Tasikmalaya, bukan hanya bersih dari sampah namun juga salah satunya terhindar dari asap rokok. Jadi udaranya harus bersih. Meskipun tidak dimungkiri asap kendaraan pun menjadi faktor masalah," katanya.

Untuk itu dalam meminimalisasi dampak asap rokok, serta mengubah pola pikir dari masyarakat, harus ada duta anti rokok dari mulai jenjang SMP dan SMA, yang diharapkan dapat menjadi agent of change di Kota Tasikmalaya untuk berhenti merokok.*

 

Lihat : Raperda KTR Inisiasi Lingkungan Sehat Bebas Asap Rokok



Berita Terkait

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

23 Juni 2019

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin terbanyak. Salah satunya jeruk peras yang mengandung vitamin C, yang sudah terkenal manfaatnya. Untuk mendapatkan…