Bedakan Cairan Softlens dan Obat Tetes Mata

Rabu, 29 Mei 2019 16:59 Hazna Fairuz Healthy

Bedakan Cairan Softlens dan Obat Tetes Mata

 

 

Koropak.co.id - Banyak orang enggan menyembunyikan keindahan matanya di balik kacamasta. Meski mata membutuhkan bantuan untuk melihat jelas. Membantu penglihatan jernih sekaligus tetap memamerkan mata indah, maka menggunakan lensa kontak adalah solusinya.

Namun, berhati-hatilah atas softlens yang tidak dirawat dengan benar. Jika memaksakan dipakai, hanya akan mnemberikan dampak buruk pada mata Anda.

Untuk merawat softlens agar tetap awet, jangan sampai lupa akan cairan softlens. Hal pertama yang harus diketahui adalah membedakan antara cairan pencuci softlens dan tetes mata yang dapat digunakan saat memakai softlens.

Cairan pencuci softlens mengandung preservatif dan disinfektan yang bila digunakan langsung ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi. Sedangkan cairan tetes mata memiliki kandungan yang sudah disesuaikan seperti komponen air mata yang diproduksi oleh tubuh.

 

Koropak.co.id - Bedakan Cairan Softlens dan Obat Tetes Mata (2)

 

Baca : Kiat Mengatasi Sindrom Mata Kering

Perlu diketahui, saat ini sudah ada pencuci softlens yang juga bisa digunakan sebagai tetes mata, namun penggunaannya tetap harus berhati-hati. Jika timbul reaksi, harus segera dihentikan. Sebaiknya Anda membaca indikasi, instruksi cara pemakaian dan larangan yang tertera pada label produk cairan softlens tersebut.

Bagi para pengguna softlens, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata sebagaiman ayag sudah Koropak rangkum :

1. Sebelum memegang softlens pastikan sudah mencuci tangan dengan bersih.
2. Lepas softlens sebelum tidur dan berenang.
3. Jangan menggunakan softlens yang sama bergantian dengan orang lain.
4. Bersihkan softlens secara teratur dengan cairan pembersih khusus
5. Ganti softlens secara berkala sesuai masa waktu yang tertera pada label.
6. Gunakan tetes mata air mata buatan bila mata terasa kering.
7. Segera ke dokter apabila terdapat tanda-tanda iritasi atau peradangan pada mata.

 

Baca : Desa Donor Mata Pertama di Tasikmalaya

 



Berita Terkait

Susu Almond dan Segudang Manfaat Baik

Susu Almond dan Segudang Manfaat Baik

21 November 2018

Susu almond dikenal menyimpan banyak manfaat dikarenakan kaya akan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain tidak mengandung kolesterol, susu…