Tahukah Kamu, Musik Bukan Sekedar Hiburan?

Minggu, 26 Mei 2019 22:18 Hazna Fairuz Musik

Tahukah Kamu, Musik Bukan Sekedar Hiburan?


Koropak.co.id - Musik sudah menjadi hiburan sehari-hari. Namun tanpa disadari, musik tak hanya sekedar dijadikan hiburan semata, musik telah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Anda untuk berkonsentrasi.

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak yang bertanggung jawab terkait memori dan penglihatan. Selain itu ada pula manfaat lain dari mendengarkan musik, berikut Koropak sajikan pemaparannya.

1. Meningkatkan kemampuan visual dan verbal
Pendidikan musik untuk anak dapat menstimulasi otak dan mengarah pada meningkatnya kemampuan dalam kecerdasan verbal atau lisannya. Untuk orang dewasa, latihan bermusik bisa menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia.

 

2. Mengurangi tekanan darah
Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Mendengarkan musik saat olahraga lari bisa membuat anda lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga, dan meningkatkan ketahanan tubuh.

 

Koropak.co.id - Tahukah Kamu, Musik Bukan Sekedar Hiburan (2)

 

Baca : Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus

 

3. Redakan stres
Saat Anda dalam perjalanan, musik sangat mampu meredakan stres yang disebabkan oleh macet.

 

4. Tingkatkan daya tahan tubuh.
Mendengarkan musik akan meningkatkan mood Anda dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Pilihlah lagu atau musik favorit Anda untuk menemani hari agar semakin bersemangat.*

 

Baca : Paradigma Extreme Music Harus Diluruskan

 



Berita Terkait

Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus

Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus

12 Maret 2019

Setiap perguruan tinggi memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang beragam. Tidak terkecuali UKM Seni Musik. Di beberapa kampus, UKM Seni Musik…