Bahaya Menjilat Bibir Kering Saat Berpuasa

Minggu, 19 Mei 2019 16:20 Hazna Fairuz Healthy

Bahaya Menjilat Bibir Kering Saat Berpuasa

 

Koropak.co.id - Pada saat berpuasa, bibir pasti terasa kering. Untuk menghilangkan kekeringan di bibir seringkali kita menjilati bibir. Tujuannya, bibir basah dengan air liur diharapkan bisa mengembalikan kelembaban bibir kering.

Namun, dilansir dari berbagai sumber, kebiasaan menjilati bibir justru berdampak buruk bagi kesehatan bibir. Kelembaban tidak dapat diatasi hanya sekedar dengan menjilat bibir. Selain kering, permukaan lidah yang kasar juga berisiko menyebabkan luka pada kulit bibir.

 

Baca : Bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa terkadang mendapat kendala berupa bau mulut yang sering terjadi. Lantas, Kenapa bau mulut bisa dialami orang yang berpuasa?

 

Koropak.co.id - Bahaya Menjilat Bibir Kering Saat Berpuasa (2)

 

Baca :  Kebutuhan cairan tubuh ketika berpuasa ataupun hari biasa tetaplah sama yakni sekitar delapan gelas setiap harinya. Namun pada saat sedang melaksanakan puasa ada trik khusus yang dapat diterapkan dengan pola 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan pelembab bibir atau lip care secara berkala untuk melembabkan bibir. Bibir yang kering harus dihadapi pula dengan memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas per hari. Kecukupan cairan memungkinkan kelembaban kulit selalu terjaga.

Kebutuhan tersebut harus dipenuhi meski tengah puasa dengan memanfaatkan saat sahur, berbuka, dan saat malam hari.*

 

Baca : Bibir Merah Merona dengan Bahan Alami



Berita Terkait

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

23 Juni 2019

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin terbanyak. Salah satunya jeruk peras yang mengandung vitamin C, yang sudah terkenal manfaatnya. Untuk mendapatkan…