Hina Prabowo, Erin Taulany Dihujani Komentar Pedas

Senin, 22 April 2019 17:36 Clara Aditia Intermezo

Hina Prabowo, Erin Taulany Dihujani Komentar Pedas


Koropak.co.id - Setelah melakukan penghinaan dan hujatan terhadap salah satu paslon Capres, Prabowo Subianto, istri komedian Andre Taulany, yakni Erin Taulany dilaporkan kepada pihak kepolisian oleh seorang pengacara, M. Firdaus Oiwobo.

Firdaus melaporkan Erin yang memiliki nama lengkap Reinwartia Trygina itu, atas postingan Erin di akun Instagramnya yang menghujat Prabowo saat mendeklarasikan kemenangan sementara dalam Pilpres 2019. Dalam postingannya, Erin mengumpat Calon Presiden yang berpasangan dengan Wakilnya, Sandiaga Uno.

Tidak tanggung, 4 postingan Erin bernada keras. Di postingan pertama, Erin menuliskan kata-kata kasar "Kasian tambah sakit **wa Haluuu". Di postingan kedua, Erin menuliskan "Loser". Postingan ketiga, Erin menuliskan "Si****g". Dan di postingan terakhir Erin menuliskan ""Kasian jadi **La krn ambisi pingin jadi President gak kesampean!!!".

Atas postingannya yang cenderung keras, Erin menjadi viral dan menuai berbagai reaksi netizen, bahkan namanya jadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 53 ribu cuitan. Sementara itu, Firdaus yang juga merupakan Ketua Umum Relawan Militan Prabowo melaporkan Erin dengan pasal UU ITE. Firdaus menilai akun @erintaulany sudah menghina Prabowo Subianto.

"Saya berinisiatif melaporkan Instagram Erin Taulany. Berdasarkan inisiatif saja, karena saya Ketua Umum Relawan Militan Prabowo," ujar Firdaus sebagaimana dikutip Koropak dari Tribunnews, Senin (22/4/2019).

 

 

Koropak.co.id - Hina Prabowo, Erin Taulany Dihujani Komentar Pedas (2)

 

Baca : Polres Tasikmalaya Perkuat Tim Cyber

 

Dalam laporannya, Firdaus melaporkan dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) dan atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 UU RI No. 19 Thn 2016 tentang ITE. Pada Pasal 27 ayat 3 menyatakan, setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik. Ketentuan Pasal 27 ayat 3, diancam pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Demikian halnya dengan Pasal 28 ayat (2) yang berbunyi setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Buntut dari laporan Firdaus, membuat Andre Taulany bersama sang istri, Erin Taulany, menyambangi Polda Metro Jaya untuk memberikan keterangan bahwa akun Erin sebelum tanggal 19 April 2019 sedang di-hack orang lain.*

 

Baca : Babak Baru Kasus Video Hate Speech