Penanganan Pertama Korban Keracunan Obat

Kamis, 28 Maret 2019 08:10 Hazna Fairuz Healthy

Penanganan Pertama Korban Keracunan Obat

 

Koropak.co.id - Keracunan obat bisa terjadi kapan saja dan siapa saja. kecerobohan saat mengkonsumsi obat, dapat mengakibatkan berbagai hal. Keracunan obat merupakan kondisi yang disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan obat, baik dosis yang berlebihan maupun kesalahan dalam mengombinasikan obat.

Keracunan obat juga biasanya terjadi pada pasien yang mengonsumsi lebih dari satu jenis obat sehingga mengalami efek interaksi dan biasanya dialami oleh pasien lansia, anak-anak, atau orang yang memiliki masalah kejiwaan.

Selain itu, hal tersebut dapat terjadi juga jika seseorang minum obat disertai minuman atau makanan yang dapat membuat obat tersebut menjadi senyawa beracun, seperti alkohol. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap zat tertentu yang ada di dalam kandungan obat, bahkan dalam dosis normal pun sudah dapat mengakibatkan keracunan.

Banyak hal yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Namun, masih sedikit yang sadar akan penanganan untuk pertolongan pertama pada keracunan obat. Untuk itu berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

 

Koropak.co.id - Penanganan Pertama Korban Keracunan Obat (3)

 

Baca : Apel Menyehatkan Namun Berisiko Mematikan

Jika seseorang mengalami keracunan obat, baiknya segeralah hubungi ambulans atau membawa ke fasilitas kesehatan terdekat seperti klinik dan rumah sakit, agar dapat diberikan penanganan secepatnya.

Sambil menunggu bantuan medis datang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya, cek denyut nadi, pola napas, serta saluran pernapasannya. Lakukan resusitasi jantung paru atau RJP, yaitu dengan pemberian napas buatan dan penekanan pada dada, apabila penderita tidak merespon ketika dipanggil, tidak bernapas, tidak terdengar detak jantung, serta tidak teraba denyut nadi.

Sebelum paramedis datang, baringkan tubuh penderita menghadap ke kiri, dan buatlah penderita berada pada posisi yang cukup nyaman. Jangan memberikan penderita makanan atau minuman apapun yang dianggap mampu menetralisir racun, seperti cuka, susu, atau jus lemon.

 

Koropak.co.id - Penanganan Pertama Korban Keracunan Obat (2)

 

Baca : Dua Tanaman Herbal Ampuh Pembunuh Sel Kanker

Apabila penderita tidak sadarkan diri, jangan memberikan atau memasukkan apa pun ke dalam mulutnya. Penting bagi Anda untuk memerhatikan cara mengatasi keracunan obat dan menghindari beberapa hal yang dilarang, agar tidak memperburuk kondisi penderita keracunan obat.

Saat bantuan medis datang, jelaskan kepada petugas medis mengenai obat yang dikonsumsi penderita serta gejala yang timbul setelah penderita mengalami keracunan. Penanganan keracunan obat sendiri perlu dilakukan oleh dokter di rumah sakit. Penderita keracunan obat sering kali membutuhkan rawat inap, agar kondisinya dapat terus terpantau.

Jika Anda secara tidak sengaja salah atau terlalu banyak meminum obat, dan khawatir mengalami keracunan obat, jangan tunggu sampai gejala muncul. Segera pergi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.*

 

Baca : Langkah Alternatif Obati Asma