Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus

Selasa, 12 Maret 2019 18:55 Clara Aditia Musik

Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus

 

Koropak.co.id - Setiap perguruan tinggi memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang beragam. Tidak terkecuali UKM Seni Musik. Di beberapa kampus, UKM Seni Musik diadakan guna mewadahi minat mahasiswa dalam bermusik. Termasuk membentuk karakter mahasiswa dalam mengelola organisasi hingga mampu membuat event musik, semisal festival atau parade band. Namun, apakah cukup sampai di situ?.

Praktisi musik Falhan Basya menilai penting tidaknya keberadaan UKM Seni Musik di setiap kampus dikembalikan lagi kepada mahasiswanya itu sendiri. Sejauh mana keinginan mahasiswa untuk menempuh studi perguruan tinggi sembari menyalurkan hobi bermusik, dan berkarya.

"Jika ingin sambil kuliah sambil berkarya, ya keberadaan UKM Seni Musik sangat penting. Hanya yang perlu ditekankan, bikin karya yang serius. Bukan hal yang tidak mungkin band kampus bisa melejit dan bersinar jika dikelola secara profesional," ucap Bassist Band Gaijin yang akrab disapa Aang The Great kepada Koropak, Selasa (12/3/2019).

Sejauh ini, ujar mantan punggawa Coke Pit itu, kampus di Kota Tasikmalaya yang memiliki UKM Seni Musik yakni STMIK Tasikmalaya, STIA, Universitas Siliwangi, Universitas Perjuangan, dan STISIP Tasikmalaya. Namun yang sangat disayangkan, eksistensi aktivitas UKM Seni Musik masih berskala internal alias konsumsi warga kampus.

 

Koropak.co.id - Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus (3)

 


"Sayang, mereka masih terbatas hanya untuk pentas seni kampus. Padahal yang kita harapkan mereka bisa berkarya, dengan label UKM Seni Musik kampus mereka masing-masing. Selanjutnya buat sebuah event musik di luar kampus agar mereka dapat dikenal khalayak luas," ucap Aang yang juga menjadi pemateri dalam talk show dalam kegiatan Baraya Birama Special Accoustic yang digelar UKM Seni Musik Universitas Perjuangan pada 23 Februari 2019 lalu.

Aang mencontohkan band orkes dangdut dari UKM Seni Musik Universitas Siliwangi, KSK. Orkes yang memiliki nama panjang "Kami Satukan Kekuatan" itu merupakan band orkes dangdut yang saat ini telah menjadi bintang tamu di beberapa event musik, khususnya di Kota Tasikmalaya.

"Awalnya mereka kan hanya menjadi bintang tamu festival di kampusnya. Terus saya dorong untuk perform di luar. Saya pancing, kasih mereka info event di luar. Akhirnya setelah sering perform, mereka melejit. Bahkan diangkat jadi talent tetap bagi event musik dari salah satu brand rokok," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Pentingnya UKM Seni Musik di Kampus (2)

 

 

Baca : Ciptakan Generasi Berlandaskan Kekeluargaan Bermusik

Apa yang menjadikan KSK melejit, kata Aang, yakni keunikan yang disuguhkan. KSK merupakan band unik, dengan genre Rock n Roll, namun di bagian drum diganti tamtam, yang biasa digunakan dalam musik dangdut.

"Kami berharap banyak KSK-KSK baru yang lahir dari kampus lain. Kunci utamanya, jangan ragu untuk perform di luar, dan gunakan nama band yang bisa merepresentasikan kampus. Selanjutnya, bergantung sejauh mana kreativitas mahasiswa," ucap Aang.

Dalam membuat event, kata Aang, walaupun tidak ada dukungan dana dari kampus untuk menyelenggarakan event di luar kampus, UKM Seni Musik bisa mencari sponsor. UKM Seni Musik bisa menjadi Event Organizer (EO) asalkan mau melakoninya secara profesional.

"Namun jangan sampai terjebak kenyamanan hanya mampu membuat event. Harus ada talent yang menonjol. Disarakan, agar dapat berjalan dengan baik, dibuatkan divisi EO dan divisi talent. Jadi eksistensi dalam membuat event musiknya dapat berjalan, eksistensi talentnya bisa melejit," tutur Aang.*


Baca : Musikalisasi Puisi, Harapan Lahirkan Komposer Andal

 



Berita Terkait