Musikalisasi Puisi Sajikan Kenikmatan Seni dan Budaya

Sabtu, 09 Maret 2019 16:13 Erni Nur'aeni Musik

Musikalisasi Puisi Sajikan Kenikmatan Seni dan Budaya


Koropak.co.id - Pagelaran Musikalisasi Puisi yang digagas oleh sejumlah seniman asal Kota Tasikmalaya, yang di gelar di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (8/3/2019), menjadi salah satu ajang kreativitas bagi para penikmat seni dan budaya. Tercatat, sekitar 16 peserta dari berbagai kota Se-Jawa Barat yang mengikuti pagelaran tersebut.

Ketua Komunitas Cermin Tasikmalaya, Ashmansyah Timutiah mengatakan, dengan melihat kondisi saat ini yang banyak bertebaran Hoax, fitnah, akibat panasnya suhu politik, telah memporak porandakan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadi salah satu bentuk keindahan dan penyegaran di tengah situasi yang menjenuhkan seperti yang dirasakan masyarakat.

"Kegiatan ini menjadi wadah keindahan di tengah situasi saat ini yang menekan kita. Jadi, daripada ikut tertekan dalam situasi, akan lebih baik kalau berkarya serta menikmati setiap poin keindahan dari seni dan budaya yang tercipta dalam pagelaran ini, " ujarnya.

 

Koropak.co.id - Musikalisasi Puisi Sajikan Kenikmatan Seni dan Budaya (3)

 

Baca : Tanpa Anggaran Kreativitas Tetap Berjalan

Ashmansyah yang akrab disapa Acong menambahkan bahwa Musikalisasi Puisi ini menyuguhkan pembawaan puisi yang diaransemen menjadi sebuah lagu berdasarkan kreativitas dan inovasi dari masing-masing peserta.

"Para peserta berkreasi dan berinovasi dalam penampilannya dengan mengaransemen lirik yang diambil dari puisi yang sudah ada dari beberapa seniman lokal," ujar Acong yang sekaligus salah seorang penggagas pagelaran tersebut.

Sementara itu, terkait kegiatan sebelumnya, yakni Pameran Seni Lukis dan Workshop Seni Rupa yang dihelat di lokasi yang sama, dinilai Acong menjadi pencerahan kecil bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Tasikmalaya.

"Seperti halnya musikalisasi puisi, Pameran Seni Lukis dan Workshop Seni Rupa juga kami harapkan dapat menjadi penghela nafas dari sumpeknya suasana panas politik," ucapnya.*


Lihat : Komunitas Cermin Tasikmalaya Suguhkan Syukur Waktu

 



Berita Terkait

Ngaos Art Juarai Musikalisasi Puisi

Ngaos Art Juarai Musikalisasi Puisi

10 Maret 2019

Lomba Musikalisasi Puisi yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya Minggu (10/3/2019), ditutup oleh pengumuman pemenang, dengan juara pertama Ngaos Art Tasikmalaya,…