Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

Kamis, 07 Maret 2019 07:00 Dede Hadiyana Hobi

Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau


Koropak.co.id - Salah seorang pegiat Pipa Cangklong Nicotiano Tabacto menuturkan, Indonesia merupakan surganya tembakau, dengan tiga jenis tembakau yang terhampar, yakni Burley, Virginia, dan Oriental.

"Untuk tembakau Burley sendiri di Indonesia sudah sangat luar biasa potensinya. Mulai dari Aceh hingga Papua, tembakau tersebut bertebaran dengan rasa dan spesifikasi yang berbeda satu sama lain, termasuk tembakau Virginia serta tembakau Oriental yang sekarang sedang gencar dikembangkan di Madura," ucapnya kepada Koropak, Rabu (6/3/2019).

 

Koropak.co.id - Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau (2)

 

Dari ketiga tembakau tersebut, kata Nico, diolah menjadi tembakau pipa guna dapat dinikmati secara original. Hingga saat ini, ada beberapa pengolah tembakau di Indonesia, salah satunya produk hasil karya blender tembakau cangklong wanita pertama di Indonesia yakni Nadia Candra Dewi yang tak lain istri Nico.

"Kita mengajak kalangan milenial yang sudah menyukai tembakau, untuk mencoba alternatif lain seperti pipa cangklong ini, yang menjadi teknik menikmati tembakau dengan cita rasa alaminya," katanya.

 

Koropak.co.id - Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

 

Baca : Perjalanan Eksistensi Cangklong di Indonesia

Sementara itu, kata Nico, para pecinta cangklong selain memiliki kebiasaan Nyabar alias Nyangklong Bareng, sering juga mengadakan acara-acara resmi, seperti Internasional Pipe Show Day yang digelar setiap tanggal 22 Februari di setiap tahunnya.

"Hal itu merupakan bentuk dari eksistensi kita, para pecinta cangklong. Melalui event tersebut, kita merangkul teman-teman pecinta tembakau yang sudah mencintai cangklong untuk bersilaturahmi dan bersaudara," ujar Nico.*

 

Baca : Pipa Cangklong Media Pengembangan Kayu Lokal