Apel Menyehatkan, Namun Berisiko Mematikan

Minggu, 24 Februari 2019 19:26 Hazna Fairuz Healthy

Apel Menyehatkan, Namun Berisiko Mematikan


Koropak.co.id - Kebiasaan rutin yang sering disepelekan akan berakibat fatal. Salah satunya memakan buah apel. Memang sehat, namun ada bahayanya juga lho! Ada pepatah yang menyebutkan jika mengkonsumsi sebuah apel setiap hari membuat kita terbebas dari penyakit.

Dalam realitanya, apel memang termasuk dalam buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang melupakan fakta dimana di balik kulit apel yang mulus, mengkilat, dan begitu bersih, ada berbagai kotoran atau kandungan kimia, khususnya sisa dari pestisida. Oleh sebab itu, sebelum dimakan, apel sebaiknya kita cuci terlebih dahulu dengan bersih!

Pakar kesehatan dari Tennessee State University bernama Sandria Godwin, PhD, RD, LDN, menyebutkan jika kebanyakan orang terlalu malas untuk mengupas kulit buah apel sehingga buah ini harus dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

Godwin menekankan bahwa sebelum tersaji di toko buah atau supermarket, kita tidak tahu apa saja yang telah dilalui oleh apel-apel tersebut dari pohon hingga ke tangan kita. Bisa jadi, distribusi dan pengemasan dari apel ini tidak higienis sehingga apel pun akan beresiko terkena kontaminasi bakteri pathogen dan juga mikroorganisme berbahaya lainnya.

 

 

Koropak.co.id - Apel Menyehatkan, Namun Berisiko Mematikan (2)

 

Baca : Jangan Buang Sisa Kulit Buah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat sendiri menyebutkan jika setiap tahunnya ada 9 juta orang yang harus menderita gara-gara mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, khususnya pada sayuran dan buah-buahan yang ironisnya adalah makanan yang seharusnya sehat.

Seringkali, bakteri pathogen yang mengkontaminasi buah-buahan layaknya apel adalah bakteri E. Coli, salmonella, norovirus, dan juga listeria. Seringkali, kontaminasi bakteri ini terjadi saat buah jatuh ke tanah atau permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran hewan dan benda kotor lainnya. Tak hanya itu, rak buah dan sayuran di toko buah hingga lemari es yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi tempat kontaminasi bakteri ini. Yang mengerikan adalah, bakteri-bakteri ini bisa memicu diare, demam, infeksi saluran kemih, atau yang paling parah adalah gagal ginjal.

Buah yang sudah di cuci dipastikan akan lebih cepat busuk karena pengawetnya sudah hilang, tapi tidak masalah yang penting aman dikonsumsi oleh anda dan keluarga. Sangat mengerikan sekali bukan? Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita mencuci buah apel dengan bersih sebelum memakannya agar tidak terkena masalah kesehatan.*

 

Baca pula : Empat Makanan Sehat Untuk Diet



Berita Terkait