Rahasia Memilih Cumi Segar dan Berkualitas

Senin, 11 Februari 2019 11:43 Hazna Fairuz Kuliner

Rahasia Memilih Cumi Segar dan Berkualitas

 

Koropak.co.id - Bermacam olahan Seafood memang tak pernah surut dari para peminatnya. Selain udang dan kepiting, salah satu makanan laut yang banyak digemari yakni cumi. Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih, membuat siapa pun yang menyantapnya bisa ketagihan.

Sayangnya, cumi memiliki bau amis yang cukup menyengat. Sehingga, jika tidak diolah dengan benar, maka bau amis yang melekat pada olahan cumi masih terasa karena mengolah cumi memang gampang-gampang susah.

______________________________________

Cumi adalah salah satu bahan
olahan makanan yang sensitif
dengan teksturnya yang kenyal.
Harus dimasak dengan tepat agar
menghasilkan rasa yang sempurna,
pemilihan cumi yang baik
menjadi penentu agar olahan
cumi nikmat disantap.

______________________________________

 

Cumi adalah salah satu bahan olahan makanan yang sensitif dengan teksturnya yang sangat kenyal. Harus dimasak dengan tepat agar menghasilkan rasa yang sempurna dan bisa disantap dengan nikmat. Jika diolah terlalu matang, cumi akan terasa alot tapi, jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya akan sangat terasa pekat. 

Untuk itu, pemilihan cumi yang baik menjadi penentu agar olahan cumi nikmat disantap. Berikut rangkuman tips ampuh dalam memilih cumi berkualitas.

 

1. Pilih cumi yang segar
Sebelum membeli, pastikan kondisinya masih segar dan tidak busuk. Ciri-ciri cumi segar adalah matanya bening, berwarna cerah, permukaan kulit tidak rusak, dan tekstur daging padat serta kenyal. Perhatikan pula aroma dagingnya, apabila tercium bau amis yang berlebih, maka bisa dipastikan cumi tersebut tidak segar.

 

2. Cuci hingga bersih
Agar bau amis pada cumi bisa berkurang, cuci dengan air yang mengalir dan pastikan membuang tinta yang ada di dalam perut cumi. Agar mudah diolah, cabut tulang rawan yang menyerupai plastik di bagian dalamnya, lalu cuci kembali hingga bersih.

 

Koropak.co.id - Rahasia Memilih Cumi Segar dan Berkualitas

 

Baca : Sensasi Makanan Jepang Dengan Rasa Nusantara

3. Jangan menyimpan terlalu lama
Cumi termasuk bahan makanan yang mudah busuk. Oleh sebab itu, apabila tidak segera mengolahnya setelah dibersihkan, sebaiknya simpan di dalam Freezer. Simpan cumi di dalam wadah yang benar-benar kedap udara dengan maksimal waktu disimpan hanya 2 hari saja.

Hal lainnya juga harus diperhatikan dalam pemilihan cumi, meliputi pastikan warna kulit putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan dan mata cumi yang masih cukup jernih. Pilih cumi yang bagian kepala dan tubuhnya masih menyatu.

Periksa juga apakah dagingnya terasa kenyal dan jika ditekan masih mengeluarkan banyak tinta. Dan yang terakhir, hindari memilih cumi yang warna kulit arinya sudah berubah ungu tua. Apalagi jika bagian tentakelnya sudah berwarna kekuningan dan robek, artinya cumi sudah mendekati kebusukan.*

 

Baca pula : Oseng Jambal Favorit Orang Sunda