Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Minggu, 10 Februari 2019 17:52 Hazna Fairuz Syantik

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

 

Koropak.co.id - Anda termasuk orang yang tidak memakai sunscreen sama sekali jika ke luar rumah? Eitss jangan sepelekan hal ini ya, pasalnya sunscreen merupakan salah satu skincare yang wajib sekali untuk digunakan. Mengapa begitu?

Jahatnya matahari akan membakar kulit kita. Meski sebentar untuk keluar rumah, hal itu sangat berpengaruh buruk jika diabaikan penggunaan sunscreen ini. Seringkali kita menemukan istilah sunscreen, sunblock, dan SPF. Apasih perbedaannya? Sebelum menggunakan produk, alangkah baiknya kita mengetahui apa istilah masing-masing.

Ada dua tipe sinar matahari, yakni UVA dan UVB. Huruf A pada UVA berarti ”Aging” artinya penuaan, dan B pada UVB artinya “Burning” atau pembakaran. Tabir surya yang mengandung UVB lebih populer sejak zaman dahulu, tetapi yang sebenarnya Anda butuhkan adalah produk pelindung matahari yang bertuliskan “Broad Spectrum”, artinya produk pelindung matahari tersebut memiliki fitur pelindung dari kedua sinar UV baik A maupun B.

____________________________________

Tabir surya yang mengandung UVB
Tetapi yang sebenarnya Anda butuhkan
adalah produk pelindung matahari
yang bertuliskan “Broad Spectrum”,
artinya produk pelindung matahari
yang memiliki fitur pelindung dari
kedua sinar UV baik A maupun B.

____________________________________

 

Lantas, apa bedanya sunscreen dengan sunblock? Terdapat dua tipe dari produk pelindung matahari, kimiawi dan fisik. Masing-masing memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda untuk melindungi kulit Anda.

 

Sunscreen
Sunscreen, atau tabir surya, adalah lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit Anda dan merusaknya. Namun, tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis dan akan terlihat tidak kasat mata saat diaplikasikan.

 

Koropak.co.id - Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock (2)

 

Baca : Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit

 

Sunblock
Sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Tekstur lotion sunblock lebih kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Sunblock adalah rekomendasi perlindungan terbaik jika Anda memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berenang atau bermain di pantai.

Produk manapun yang Anda pilih, penting untuk memilih tingkat SPF yang terbaik untuk Anda. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelindung matahari yang memiliki fitur tahan air dengan jangkauan SPF 30 hingga 60. Selain itu, pastikan setiap produk yang Anda gunakan mengandung komposisi penangkal UVA seperti: zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, and oxybenzone.*

 

Baca : Kata Siapa Pria Tidak Butuh Perawatan Wajah

 

 



Berita Terkait

Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit

Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit

10 Februari 2019

Tak banyak orang yang sadar akan pentingnya sunblock. Mereka hanya sekedar paham bahwasanya sunscreen hanya digunakan pada saat akan berjemur, berenang…