Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit

Minggu, 10 Februari 2019 17:42 Hazna Fairuz Syantik

Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit

 

Koropak.co.id - Tak banyak orang yang sadar akan pentingnya sunblock. Mereka hanya sekedar paham bahwasanya sunscreen hanya digunakan pada saat akan berjemur, berenang atau pergi ke pantai. Padahal penggunaan sunblock ini wajib rutin.

Tanpa produk kosmetik yang dapat menghalangi efek buruk sinar matahari, semacam sunblock, kulit bisa saja menjadi tampak lebih gelap, kusam, mempercepat proses penuaan hingga memicu kanker kulit. Meski dampak mengerikan dari sinar matahari tersebut nyata di depan mata, jujur saja pasti terkadang Anda malas atau melewatkan ritual mengaplikasikan sunblock. 

Seorang dermatologis asal Australia, dr. Natasha Cook menyarankan untuk mengenakan sunblock yang akan melindungi kulit terhadap sinar UVA dan UVB dari matahari. UVA sendiri adalah sinar yang menyebabkan penuaan kulit dan UVB bisa membuat kulit terbakar sekaligus memicu kanker.

Masih tidak percaya atau malas menggunakan sunblock setiap hari? Coba saksikan video yang dibuat oleh Thomas Leveritt di YouTube. Seniman ini mencoba menunjukkan pentingnya proteksi terhadap sinar matahari lewat sebuah video berjudul "How The Sun Sees You". Video yang telah menyita lebih dari 14 juta penonton ini menampilkan bagaimana rekaman kamera UV dapat menunjukkan efek penuaan pada wajah yang tidak tampak oleh mata telanjang. 

 

Koropak.co.id - Pentingnya Sunblock Untuk Melindungi Kulit (2)

 

Baca : Tips Mantap Liburan di Pantai

Dalam video berdurasi sekitar 3 menit tersebut, Anda juga dapat melihat bahwa hasil tangkapan kamera UV ini sangat jujur memperlihatkan freckles, pigmentasi, dan tanda penuaan lainnya pada wajah partisipan yang sebenarnya terlihat mulus. Kesimpulannya, memang benar jika semakin lama kulit terpapar sinar matahari, semakin bertambah pula penurunan kualitas kulit.

Para ahli mengatakan, takaran pemakaian sunblock bagi orang dewasa cukup sekitar dua sendok makan untuk dioleskan ke seluruh bagian tubuh. Pastikan sunblock yang Anda gunakan memiliki formula ampuh untuk menangkal UVA dan UVB.

Formula yang tak kalah pentingnya adalah Sun Protector Factor (SPF) yakni prakiraan ukuran kekuatan sunblock dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Baru-baru ini juga mulai terdengar formula Thermal Protection Factor (TPF) yang mampu menyempurnakan daya kerja SPF dengan menghalangi bukan hanya sinar UV tapi juga sinar infra merah yang membawa dampak buruk bagi kulit. 

Wahh serem juga ya dampak buruk dari ketidakseringan penggunaan sunblock ini. Yuk mulai peduli pada kulitmu.*

 

Baca : Tips Merawat Wajah Saat Mendaki Gunung

 



Berita Terkait

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

10 Februari 2019

Anda termasuk orang yang tidak memakai sunscreen sama sekali jika ke luar rumah? Eitss jangan sepelekan hal ini ya, pasalnya sunscreen…