Kupas Tuntas Pencegahan Kanker

Senin, 04 Februari 2019 18:13 Eris Kuswara Healthy

Kupas Tuntas Pencegahan Kanker

 

Koropak.co.id - Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada hari ini, Senin (4/2/2019), Koropak telah menyiapkan ulasan penyebab dan cara mencegah penyakit kanker. 

Kanker merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan penderita penyakit tersebut mengalami kematian.

Kanker sendiri sering dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan tumor, padahal tidak semua tumor tersebut adalah kanker. Tumor terbagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker merupakan istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Perlu diketahui, Kanker juga dapat menimpa semua orang, setiap bagian tubuh, dan semua gologan umur, namun kanker lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Pada umumnya, sebelum penyakit kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderitanya tidak akan merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Namun apabila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya tersebut sudah lanjut atau parah. Penyebab kanker yang paling umum adalah dikarenakan perubahan atau mutasi pada gen dalam sel. Di dalam gen tersebut terkandung ribuan DNA yang akan memberikan instruksi pada sel untuk menjalankan fungsinya masing-masing pada organ tubuh tempat sel tersebut hidup.

 

Koropak.co.id - Kupas Tuntas Pencegahan Kanker (2)

 

Baca : Asal Muasal Hari Kanker Sedunia

 

Namun, ada juga dua faktor penyebab dari penyakit kanker yang paling sering terjadi yaitu faktor internal seperti terlahir dengan mutasi genetik yang diwariskan dari orangtua. Jenis mutasi ini bertanggung jawab sekali atas persentase kecil dari penyakit kanker.

Kemudian faktor eksternal yang kebanyakan mutasi gen terjadi setelah kelahiran dan tidak diwariskan dengan sejumlah faktor yang menyebabkannya seperti merokok, radiasi, virus, bahan kimia penyebab kanker yakni karsinogen, obesitas, hormon, peradangan kronis dan kurangnya berolahraga.

Untuk cara mencegah sel penyakit kanker tumbuh di dalam tubuh kita, bisa dengan memperhatikan pola makan yang benar seperti mengurangi makanan berlemak yang berlebihan dan lebih banyak mengkonsumsi makanan kaya akan serat, makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, makan makanan segar, mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama, membatasi meminum minuman alkohol.

Kemudian menghindarkan diri dari penyakit yang diakibatkan oleh hubungan seksual, menerapkan pola hidup yang seimbang, hindari stress, dan rutin memeriksakan kesehatan secara berkala ke dokter.*

 

Baca : Waspadai Selalu Penyakit Kanker

 

 

 



Berita Terkait

Dua Tanaman Herbal Ampuh Pembunuh Sel Kanker

Dua Tanaman Herbal Ampuh Pembunuh Sel Kanker

04 Februari 2019

Ketika mendengar nama penyakit kanker, selalu terbayang kematian. Bahkan, tercatat hingga peringatan hari kanker sedunia atau World Cancer Days yang jatuh…

Waspadai Selalu Penyakit Kanker

Waspadai Selalu Penyakit Kanker

04 Februari 2019

Hari Kanker Sedunia pada dasarnya adalah hari kepedulian dan kewaspadaan terhadap penyakit kanker, yaitu peduli untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang…

Asal Muasal Hari Kanker Sedunia

Asal Muasal Hari Kanker Sedunia

04 Februari 2019

Hingga kini banyak orang mengira penyakit kanker merupakan sebuah penyakit yang baru muncul akibat dari pola hidup yang tidak sehat seperti…