Kopi Lokal Menembus Pasar Global

Selasa, 22 Januari 2019 22:25 Didit Fauzi Kuliner

Kopi Lokal Menembus Pasar Global

 

Koropak.co.id - Indonesia termasuk negara yang kaya akan jenis kopinya. Termasuk Tasikmalaya yang merupakan salah satu kota produsen kopi di Priangan Timur. Kota dengan penduduk lebih dari 700 ribu jiwa ini memiliki banyak coffee shop yang kekinian dan menyediakan beragam menu kopi terbaik .

Belum lama ini C'Kareos Coffe hadir untuk meramaikan pasar kopi dengan menghadirkan biji kopi terbaik yang ditanam langsung di Cikarees, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, yang pastinya tidak akan kalah oleh kopi-kopi lain.

Dijumpai Koropak di sela-sela Helaran Seni Pacantel Rasa yang digelar di Aula Sukriya Bakti, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya, Minggu (20/1/2019) Penggiat Kopi C'Kareos, Basuki Noor Perdana menuturkan peminat kopi di Tasikmalaya terus meningkat.

 

Koropak.co.id - Kopi Lokal Menembus Pasar Global (2)

 

Demikian halnya dengan kafe yang mudah ditemukan di manapun berada. Oleh sebab itu, Basuki berharap dirinya dapat mengedukasi semua masyarakat untuk hijrah dari kopi sachet ke kopi alami, terutama kopi tanpa gula.

"Banyak bermunculan jenis kopi di Priangan Timur, khususnya di Tasikmalaya Utara ini. Tapi sayangnya kurang terekpose, kurang terpromosikan. Ada banyak biji kopi dari Ciawi yang mulai terkenal, mulai dari karaha, bunar, syawal, dan sekarang yang kita hadirkan, kopi Cikareos," katanya.

Kopi tersebut disajikan dalam jenis kopi yakni Arabika dan Robusta dengan memiliki citra rasa tersendiri. Jika Robusta citra rasanya lebih pahit dan kental, maka Arabika memiliki citra rasa sedikit asam kecut. Keduanya memiliki penggemar masing-masing. Begitu juga dalam segi penyeduhan. Kopi-kopi tersebut disajikan dengan beragam cara, mulai dari tubruk, Vietnam drip, V.60 paper filter, Aero Press, French Press serta Shipon.*

 

Baca : Ruang Gelap Coffee Usung Konsep Galeri dalam Cafe