MUA Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan

Sabtu, 19 Januari 2019 18:39 Hazna Fairuz Syantik

MUA Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan


Koropak.co.id - Makeup Artist (MUA) Profesional sudah menjadi profesi menjanjikan. Baik pria maupun wanita banyak yang berlomba-lomba terjun dalam dunia ini. Pasalnya, MUA sudah menjamur, baik di kota besar maupun kota kecil. Bahkan, MUA kerap kali dibutuhkan untuk para wanita yang membutuhkan kecantikan dengan sentuhan tangan ajaib para MUA.

Bahkan pundi-pundi yang dihasilkan dari profesi ini benar-benar fantastis. Tak salah banyak orang berburu para expert MUA untuk belajar makeup agar mahir menjadi MUA Profesional. Salah satu MUA Profesional adalah Rairaka MUA yag berasal dari Ciamis, tepatnya di Jalan RE Martadinata Nomor 66 Ciamis.

Rairaka MUA ini digawangi oleh kakak beradik yang sama-sama menyukai dunia rias, yaitu Lestari Putri Utami dan Thania Sandra Novella. Rairaka MUA berdiri awal 2015. Bermula dengan seringnya merias wajah teman seperkuliahan Thania, dan kian waktu kian banyak yang menyukai hasil riasannya. Namun pada saat itu belum ada penamaan brand dari hasil riasannya.

Pada 2016, Lestari dan adiknya Thania memulai untuk menekuninya dalam bisnis. Ketekunannya Ia ciptakan dengan mengikuti les privat makeup bersama Dewitian, seorang MUA Profesional di Bandung, selama 6 kali sesi pertemuan. Setelah mengikuti les private ini, Lestari dan Thania akhirnya secara resmi mendirikan usaha sendiri dan menamainya Rairaka MUA.

Rairaka diambil dari bahasa sunda terdiri dari dua suku kata yaitu rai dan raka yang artinya adik dan kaka. Dengan harapan sepasang adik kakak ini dapat melanglangbuana dalam dunia MUA. Semenjak les privat bersama Dewitian, Lestari dan Thania mulai menerima banyak job makeup dari berbagai wilayah.

 

Koropak.co.id - MUA Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan (2)

 

Baca : Ney Makeup Konsisten dan Komitmen MUA

 

Namum banyak kesulitan yang dirasa oleh Rairaka MUA ini karena ciri khas dari makeup Rairaka MUA ini adalah makeup flawless dan natural. Sedangkan kala itu, makeup di Ciamis, Tasikmalaya, dan sekitarnya belum booming menganut makeup flawless.

"Susah sih pada awal-awal soalnya di sini masih booming bold makeup," tutur Lestari saat dijumpai Koropak, Sabtu (19/1/2019).

Meski mengusung ciri khas flawless makeup, banyak pula klien yang menyukai hasil jemari ajaibnya Rairaka MUA, terutama klien wisudawati. Pada Tahun 2017 Rairaka MUA mulai melebarkan sayapnya bekerjasama dengan beberapa vendor wedding.

Rairaka mulai booming setelah merias salah satu selebgram asal Tasikmalaya yaitu Nenden di akhir 2017. Semenjak itu pula, kiblat makeup di Ciamis, Tasikmalaya dan sekitarnya berubah menjadi makeup flawless, natural dan segar mengikuti jejak Rairaka MUA.

Dengan menerapkan prinsip utama dari Rairaka MUA yaitu tidak mencukur alis, tidak mengubah karakter wajah dan tidak bermakeup bold atau tebal. Karakteristik dari hasil makeup Rairaka MUA menampilkan apa yang di wajahnya. Disesuaikan dengan karakter wajah sendrii. Menutupi kekurangan dan menonjolkan kecantikan wajahnya. Hal inilah yang mengantarkan keberhasilan Rairaka MUA sampai detik ini.*

 

Baca pula : Fashion Show Ramaikan Libur Akhir Pekan di Plaza Asia