Hobi Tidak Harus Mahal

Selasa, 15 Januari 2019 19:15 Erni Nur'aeni Hobi

Hobi Tidak Harus Mahal


Koropak.co.id - Setiap orang memiliki hobi yang tentunya berbeda, seperti diantarnya memelihara binatang, memancing, dan hobi seru lainnya. Termasuk pula papercraft, seni membuat objek dari bahan kertas, dengan cara menggunting, melipat dan menempel dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya.

Meskipun hal ini sama seperti seni melipat kertas dari Jepang, Origami, namun dari bahan serta cara menggunakannya sangat berbeda. Ternyata seni ini memiliki manfaat tersendiri, di antaranya membuat lebih fokus, melatih ketelitia, melatih kesabaran bahkan bisa sampai menciptakan peluang bisnis.

Seperti yang dilakukan salah seorang penghobi papercraft, Hary Fauzi. Kepada Koropak, Hary mengatakan hobinya tersebut berawal dari kenginannya membeli sebuah action figure asli buatan Jepang namun harganya terlalu mahal. Sehingga dia memutuskan untuk membuatnya sendiri dari kertas.

"Awalnya kan saya ingin beli action figure. Ttapi karena mahal jadi saya lebih baik membuatnya saja," ujar Hary.

Meskipun ia tidak mempunyai pengalaman dalam papercraft, namun Hary belajar sendiri dari internet serta mengikuti petunjuk yang ada."Belum ada pengalaman sih, jadi saya belajar otodidak saja membuatnya," ujarnya.

Hary berhasil membuat action figure Gundam Impluse Sword dengan tinggi 50cm, dengan waktu pengerjaan selama 2 bulan. Kesulitan dalam pembuatan satu action figure tersebut terdapat pada detailnya, memotong bagian sendi, membulatkan baut, serta meruncingkan tanduk untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara itu hal yang paling mudah adalah ketika membuat badan dan armornya.

"Sulitnya dari detail tentunya diperlukan ketelitian serta kesabaran yang tinggi untuk mencapai hasil yang diinginkan," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id-Hobi Tidak Harus Mahal (2)

 

Baca : Hobi Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan

Selain Gundam, ia pun sempat membuat sebuah kastil, meskipun terhenti di tengah jalan dikarenakan kesibukannya sebagai seorang pengajar di salah satu sekolah di Kota Tasikmalaya.

"Sempat buat kastil cuman tidak diteruskan karena kesibukan ngajar di sekolah dan beberapa hal lainnya sehingga terbengkalai," katanya.

Tidak hanya membuat action figure, papercraft ini pun bisa membuat berbagai jenis bentuk karakter, dan benda lainnya sesuai dengan kreativitas masing-masing. Selain itu seni papercraft juga bisa dilakukan oleh siapapun, tanpa harus menggunakan uang banyak. Menggunakan kertas bekas pun bisa menghasilkan karya yang menakjubkan.

"Untuk hobi tidah harus mahal, hanya dengan menggunakan kertas kita bisa berkreativitas dan membuat benda yang kita inginkan," katanya.*

 

Baca : Kacer Sering Jadi Pilihan Pecinta Burung



Berita Terkait

Hobi Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan

Hobi Ciptakan Peluang Bisnis Menjanjikan

22 Desember 2018

Ranggawastu Abdillah atau yang sering disapa Rangga Kanchiel mungkin tidak asing lagi di dunia percosplayan Tanah Air. Pria kelahiran Bandung 5…