Kacer Sering Jadi Pilihan Pencinta Burung

Senin, 05 November 2018 10:08 Eris Kuswara Hobi

Kacer Sering Jadi Pilihan Pencinta Burung


Koropak.co.id - Kucica kampung atau lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan nama Kacer merupakan jenis burung pengicau kecil yang berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Burung ini banyak sekali ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia tenggara. Burung kacer ini banyak mendiami dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Sebagian orang yang tidak ingin repot dalam perawatan hariannya, memilih ternak kacer karena, anakan atau kacer muda yang diperoleh dari penangkaran, tidak memerlukan lagi proses penjinakan, kecuali hanya memerlukan proses adaptasi lingkungan.

Burung kacer yang belum jinak bukan hanya akan merepotkanmu dalam perawatan hariannya, namun juga tidak akan bisa sepenuhnya mengeluarkan suara secara maksimal di lingkungan rumah. Hal tersebut dikarenakan burung kacer itu akan takut melihat orang, termasuk kamu sendiri sebagai pemiliknya.

 

Koropak.co.id - Kacer Sering Jadi Pilihan Pecinta Burung (2)

 

Baca : 7 Tips Memelihara Kenari

Burung kacer juga akan stres pada saat mendengar suara-suara di sekitar rumahmu yang asing dalam pendengarannya. Contohnya seperti bunyi mesin cuci, suara televisi yang terlalu keras, hingga suara kucing. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjinakan burung tersebut, memang membutuhkan waktu lama. Akan tetapi jika kamu melakukannya dengan tekun, tidak menutup kemungkinan burung tersebut bisa cepat jinak.

Untuk menjinakan kacer, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari sisi tempat, cara memandikan hingga dari sisi pemberian makanan.

Dipilihnya kacer untuk diternakan juga turut dipengaruhi harganya yang terjangkau. Jika burung dalam kondisi belum makan voer, harganya lebih miring dibandingkan dengan burung yang sudah terbiasa makan voer. Dengan demikian, konsekuensinya pun membuatmu harus melatihnya agar burung tersebut mau makan voer.*

 

Baca : Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda