7 Tips Memelihara Kenari

Minggu, 30 September 2018 09:22 Eris Kuswara Hobi

7 Tips Memelihara Kenari

 

Koropak.co.id - Kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan paling populer di dunia. Meskipun pamornya dalam setiap perlombaan burung kicauan di Indonesia masih di bawah murai batu dan lovebird, namun jumlah penggemar dari burung ini tetap terbilang paling banyak dan mendominasi.

Hal tersebut dikarenakan burung tersebut memiliki harga yang relatif murah, stoknya yang cukup berlimpah, serta perawatannya yang cukup mudah. Hal itulah yang banyak menarik minat para pemula untuk memeliharanya. Jika dilihat secara umum, kenari terbagi dalam tiga tipe mulai dari postur, warna, dan suara. Oleh karena itu, apabila Anda ingin memeliharanya maka pilihlah jenis kenari yang sesuai dengan keinginan.

 

Baca : Kenari Milik Rizki Nurjamin Ramaikan Gebyar Nuasa Biru

 

Meskipun perawatan dari kenari sering dianggap cukup mudah oleh sebagian orang, namun tetap saja harus membutuhkan perhatian tersendiri agar burung tersebut menjadi rajin berbunyi. Berikut beberapa tips dalam memelihara kenari agar rajin berbunyi.

1. Tidak berlebihan dalam memberikan pakan
Perlu diketahui, memberikan pakan secara berlebihan pada kenari akan berdampak buruk bagi penampilan dan kesehatannya. Selain bisa membuat burung gemuk, pakan yang berlebihan juga akan membuat kenari menjadi malas berbunyi.

2. Rutin dalam memberikan EF
Selain memberikan pakan utama berupa biji-bijian, kenari juga harus mendapatkan nutrisi dari pakan tambahan atau extra fooding (EF) secara rutin seperti asupan buah-buahan dan sayuran.

 

Baca : Conin Buyung Juarai Zay YS SF Gebyar Nuasa Biru

3. Memberikan egg food
Egg food atau soft food ini lazim sekali diberikan pada kenari untuk menambah staminanya. Egg food sendiri bisa berupa potongan telur rebus yang digantung dalam sangkar harian, atau telur rebus yang diracik bersama bahan-bahan lainnya.

4. Memberikan daun-daunan hijau
Sudah bukan rahasia lagi jika kenarimania di Indonesia kerap sekali memberikan daun yang berasal dari tanaman liar sebagai alternatif pakan tambahannya dari kenari. Daun-daunan dari tanaman krokot, hingga mengkudu dipercaya mampu membuat suara kenari menjadi lebih jernih.

5. Selalu menjaga kebersihan sangkar, memandikan dan menjemur kenari
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus selalu rajin dalam menjaga kebersihan sangkarnya. Karena sangkar yang bersih akan membuat burung terhindar dari gangguan tungau atau parasit yang bisa menyerangnya.

 

Baca : Pecinta Burung Asal Panumbangan Sabet Juara Kategori Lovebird Baby A


6. Memberikan suplemen tambahan
Jika kebutuhan pakan burung selalu tercukupi setiap harinya, maka kenari pun akan menjadi lebih aktif dan rajin berkicau. Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, Anda juga perlu memberikan suplemen tambahan seperti TestoBirdBooster atau TBB.

7. Melakukan pemasteran
Jika Anda tertarik dengan kenari isian, maka pemasteran pun menjadi langkah yang tepat untuk membuat suara kicauannya lebih bervariasi lagi. Alangkah baiknya Pemasteran tersebut dilakukan pada saat kenari masih berumur sangat muda.*

 

Baca : Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda



Berita Terkait

Trik Belajar Fotografi Bagi Pemula

Trik Belajar Fotografi Bagi Pemula

27 Juni 2019

Saat ini, fotografi menjadi salah satu hobi yang sangat terkenal di semua kalangan, khususnya anak muda. Bagaimana tidak, hobi ini memang…

Akhir Pekan Saatnya Produktif

Akhir Pekan Saatnya Produktif

31 Maret 2019

Akhir pekan tentunya merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Mereka ingin berisitirahat atau memanjakan diri, atau mungkin mereka juga…

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian   

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian  

08 Maret 2019

Hal yang satu ini memang terdengar sepele, tapi tidak semua orang telah menemukan hobinya. Jangan-jangan, salah satu dari kalian adalah orang…

Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

07 Maret 2019

Salah seorang pegiat Pipa Cangklong Nicotiano Tabacto menuturkan, Indonesia merupakan surganya tembakau, dengan tiga jenis tembakau yang terhampar, yakni Burley, Virginia,…