Cegah Diare Menyerang Saat Asyik Liburan

Jum'at, 31 Agustus 2018 11:35 Kemala Adiyatma Healthy

Cegah Diare Menyerang Saat Asyik Liburan


Koropak.co.id - Diare adalah mimpi buruk bagi sebagian traveler saat mereka liburan. Serangan diare pada tubuh akan membuat kita merasa lemas yang diakibatkan kekurangan cairan tubuh. Akibatnya, jadwal perjalanan menjadi berantakan karena harus bolak-balik ke kamar mandi atau terbaring di tempat tidur.

Saat diare menyerang, disarankan untuk banyak mengonsumsi air mineral agar tubuh tidak kekurangan cairan. Namun ada baiknya menghindari beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi tubuh saat terserang penyakit diare. Berikut adalah 5 makanan yang harus dihindari saat diare.

1. Susu
Produk susu dapat memicu diare semakin memburuk. Satu minuman yang dapat memperburuk perut yang akan terjadi diare adalah minuman yang mengandung laktosa, dan susu merupakan minuman yang mengandung laktosa.

2. Makanan berserat tinggi
Mengonsumsi makanan yang mengandung serat memang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya batasi mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan gandum saat diare.

Baca : Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong


3. Gluten atau terigu
Beberapa bahan makan yang mengandung gluten atau terigu sebaiknya dibatasi saat diare. Makan yang banyak mengandung gluten seperti terigu dan gandum jika dikonsumsi berlebih, dapat membuat perut kembung.

4. Kafein
Mengonsumsi minuman kafein seperti kopi di pagi hari dapat menyebabkan terserang diare. Sebaiknya hentikan mengonsumsi minuman kafein saat sakit perut, Harus dalam keadaan perut terisi, jangan sampai kosong.

5. Makanan gorengan
Makanan yang diolah dengan cara digoreng dapat membuat otot perut bekerja lebih keras sehingga memperburuk diare. Tidak baik pula mengonsumsi gorengan terlalu banyak, karena bisa berdampak buruk pada perut yang bisa menyebabkan perut berlemak.*

 

Baca pula : Atasi Dysminorrhea Ketika Datang Tamu Bulanan

 



Berita Terkait