Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda

Selasa, 28 Agustus 2018 07:27 Eris Kuswara Hobi

Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda


Koropak.co.id - Hobi merawat burung bagi sebagian orang bisa mendatangkan kepuasan tersendiri, selain bisa menjadi hiburan dirumah ternyata dari merawat burung tersebut juga bisa menghasilkan uang salah satunya dengan memelihara burung Lovebird.

Banyak sekali penggemar yang merawat dan memelihara lovebird ini sejak usia sangat muda. Karena hal ini tidak terlepas juga dari harga jualnya yang relatif terjangkau yakni untuk lovebird warna lokal atau standar masih berkisaran Rp 300.000.

Tujuan lainnya seseorang memelihara lovebird muda ini adalah untuk memberi kesempatan kepada para pemilik atau perawatan agar bisa memasterkan dan melatihnya, sehingga kelak lovebird tersebut memiliki performa yang bagus di lapangan.

Selain itu Lovebird muda, atau yang umurnya kurang dari 4 bulan pada umumnya masih dalam tahap belajar bersuara. Dalam usia ini, lovebird juga sudah memiliki kemampuan bersuara ngekek, namun belum maksimal, serta masih dibawakan secara terbata-bata.

Akan tetapi setelah berumur lebih dari 5 bulan, burung pun akan mulai menggunakan suara kicauannya tersebut untuk mendapatkan perhatian dari burung betina yang menjadi pasangannya begitu juga sebaliknya. Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan pemilik Lovebird agar memiliki stamina cukup serta terpancing bunyinya.

1. Rutin memandikan burung hingga basah kuyup
Memandikan lovebird hingga basah kuyup ini dipercaya akan bisa meningkatkan stamina yang membuatnya nanti lebih rajin berbunyi dengan suaranya yang panjang. Namun cara memandikannya juga tidak boleh sembarangan dan harus dengan benar agar Lovebird bisa berkembang.

 

Koropak.co.id - Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda (2)

 

2. Memberikan pakan secara tepat
Perlu diketahui faktor lain yang bisa mempengaruhi kondisi burung adalah pakan yang tepat. Oleh karena itu pemberian makan pada lovebird muda ini diusahakan bervariasi, seperti milet putih, dan juga campuran milet merah dan putih, hemp seed, pellet, kuaci dan lainnya.

Selain itu, dengan memberikan pakan serasi dan seimbang, maka secara langsung kita juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun jngan lupakan juga untuk memberikan extra fooding (EF) buah dan sayuran. Berikanlah sayuran seperti kangkung, tauge dan jagung muda pada lovebird muda untuk bisa membantu meningkatkan birahinya, sehingga mempercepat proses rajin bunyi.

3. Memperhatikan faktor pendukung lainnya
Faktor pendukung lainnya yang bisa membuat lovebird muda ini lebih rajin berbunyi adalah kebersihan dan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan dua hal ini juga cukup berkaitan. Contohnya jika sangkar harian selalu kotor, maka secara otomatis burung pun menjadi mudah mengalami sakit.

Selain itu, pemberian multivitamin dan mineral juga termasuk elemen penting yang harus dilakukan dalam usaha menjaga kondisi burung agar selalu fit. Karena hanya burung yang fit saja yang bisa rajin berkicau. Anda bisa menggunakan vitamin dan mineral khusus burung, seperti Bird Vit dan Bird Mineral. Dengan perawatan yang tepat, maka hal tersebut akan membuat lovebird muda ini rajin berbunyi dan siap untuk dilombakan.*

 

Baca : Hobi Mahal Bukan Sembarang Hobi



 



Berita Terkait

Trik Belajar Fotografi Bagi Pemula

Trik Belajar Fotografi Bagi Pemula

27 Juni 2019

Saat ini, fotografi menjadi salah satu hobi yang sangat terkenal di semua kalangan, khususnya anak muda. Bagaimana tidak, hobi ini memang…

Akhir Pekan Saatnya Produktif

Akhir Pekan Saatnya Produktif

31 Maret 2019

Akhir pekan tentunya merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Mereka ingin berisitirahat atau memanjakan diri, atau mungkin mereka juga…

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian   

Temukan Hobi Baru Sesuai Kepribadian  

08 Maret 2019

Hal yang satu ini memang terdengar sepele, tapi tidak semua orang telah menemukan hobinya. Jangan-jangan, salah satu dari kalian adalah orang…

Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

Nyangklong, Cara Lain Menikmati Tembakau

07 Maret 2019

Salah seorang pegiat Pipa Cangklong Nicotiano Tabacto menuturkan, Indonesia merupakan surganya tembakau, dengan tiga jenis tembakau yang terhampar, yakni Burley, Virginia,…