Ruang Gelap Coffee Unggulkan Produk Lokal

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:59 Dede Hadiyana Kuliner

Ruang Gelap Coffee Unggulkan Produk Lokal

 

Koropak.co.id - Ruang Gelap Coffee, sebuah kedai kopi yang berada di wilayah Tasikmalaya Utara tepatnya di Jalan Raya Perjuangan Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, terlahir dari nama Ruang Gelap Lettering atau proses menulis indah.

Jika hanya dilihat dari menu yang ditawarkan, dan proses penyeduhannya, memang tidak ada perbedaan dengan kedai-kedai kopi lainnya. Namun, ada hal yang membuat Ruang Gelap Coffee bangga, yakni bahan baku kopi itu sendiri yang berasal dari daerah sendiri, meskipun ada juga kopi-kopi nusantara lainnya yang ikut menjadi varian kopi yang disediakan di Ruang Gelap.

Ada beberapa menu yang diunggulkan diantaranya Emon yakni Espresso Lemon. Penyajian kopi dengan bahan dasar espresso, lemon dan gula cair yang sajikan menjadi beberapa Layer.

Selain itu, ada Red Summer dengan berbahan baku buah naga dan beberapa Powder Milkshake, susu Fullcream, gula cair dan es. Akan tetapi yang menjadi titik fokus yang Ruang Gelap unggulkan adalah bahan baku kopi Bunar itu sendiri untuk varian pada menu kopi yang disajikan.

Baca : Ruang Gelap Coffee Usung Konsep Galeri dalam Cafe

Manager Ruang Gelap Coffee Kemas menuturkan kepada Koropak.co.id, ciri yang sangat signifikan dari Ruang Gelap sendiri apabila dilihat dari bahan baku kopi yang digunakan.

"Karena kami sedang berusaha untuk bersinergi dengan para petani kopi lokal. Sehingga kedepannya akan banyak aspek yang ikut diuntungkan dari perkembangan kopi sekarang ini," ujarnya.

 

Ruang Gelap Coffee Unggulkan Produk Lokal

 

Sebagai Owner di Ruang Gelap Coffee, Ebi juga mengatakan, ada beberapa makanan dan minuman musiman yang mana makanan dan minuman itu hanya dapat bertahan eksis hanya beberapa waktu. Namun Ruang Gelap Coffee percaya untuk kopi itu sendiri tidak akan bernasib sama, karena kopi akan menemukan penikmatnya sendiri.

Baca : Apresiasi dan Respect untuk Arip Permana Teguh

"Antusias warga terhadap beberapa perkembangan kuliner yang ada di Tasikmalaya Utara sangatlah baik, itu yang mungkin menjadi pekerjaan rumah bagi kami para pelaku kuliner khsusunya kami sebagai pelaku kopi," katanya.

Kemas berharap, untuk kuliner Tasikmalaya Utara baik dari kopi, maupun kuliner lainnya, pemerintah dapat turut andil untuk mempromosikan potensi-potensi kuliner khususnya kopi.

"Terpenting, pemerintah berperan aktif terhadap pemberantasan calo-calo kopi yang ingin memonopoli perputaran kopi. Serta turut berperan dalam pembinaan para petani kopi khususnya di pelosok Tasikmalaya Utara, agar ke depanya para petani bisa menghasilkan kopi dengan kualitas yang maksimal, dan bisa bersaing dengan kopi nusantara yang sudah terlebih dulu menguasai pasar kopi di Indonesia," ucapnya.*

Baca Pula : Apresiasi Movements XTC Tasik Utara



Berita Terkait