Jangan Buang sisa kulit buah

Kamis, 09 Agustus 2018 17:20 Kemala Adiyatma Healthy

Jangan Buang sisa kulit buah


Koropak.co.id - Setiap orang sering membuang kulit buah - buahan dan sayuran, karena dianggap tidak memiliki manfaat apapun. Namun tahukah anda, sisa makanan ini sebetulnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti perawatan kecantikan, berkebun, membersihkan logam, atau juga untuk dekorasi rumah.

1. Memutihkan gigi
Tidak banyak yang mengetahui ternyata kulit pisang, lemon dan jeruk mengandung asam citric yang memiliki manfaat memutihkan gigi. Nah, sebelum anda menyikat gigi, gosokanlah kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, lalu sikat gigi hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin, cara ini sangat ampuh untuk memutihkan gigi Anda.

Baca : Tiga Buah ini Bisa Dijadikan Masker Awet Muda

2. Bumbu penyedap
Keringkan kulit jeruk, delima atau apel di bawah matahari selama beberapa menit. Lalu gunakan sebagai bumbu penyedap rasa. Kulit jeruk kering sangat ampuh menambah aroma hidangan menjadi lebih menggugah selera.

3. Membersihkan peralatan bebahan besi
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kulit jeruk mengandung senyawa asam yang ampuh untuk membersihkan kotoran membandel . Termasuk untuk membersihkan perlatan dapur berbahan metal atau besi. Anda hanya perlu menggosokan kulit jeruk pada noda atau kotoran, lalu bilas dengan air hangat.

4. Pupuk kompos
Kulit buah dan sayuran juga diklaim mengandung nutrisi yang ampuh dalam menyuburkan tanah. Tak heran jika banyak yang memanfaatkan sisa bahan makanan tersebut untuk membuat olahan pupuk kompos. Selain menyuburkan tanah, pupuk yang berasal dari kulit buah - buahan juga dapat menghindari tanaman dari serangan hama.

Baca : Bahan Dapur untuk Cerahkan Ketiak

5. Bahan pewarna alami
Kulit delima bisa dijadikan bahan pewarna alami untuk mewarnai baju anda. Caranya, rebus kulit tersebut di dalam air panas, lalu celupkan baju yang hendak anda warnai ke dalamnya, Diamkan selama beberapa menit saat, kemudian bilas dengan air bersih. Mudahkan?*

 



Berita Terkait

Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

21 Juli 2021

Oleh karena itu, agar tidak terlambat, kamu harus mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin D tersebut. Agar kamu tidak kebingungan, berikut beberapa tanda…