Gadget Tingkatkan Risiko Kanker

Kamis, 19 Juli 2018 16:01 Kemala Adiyatma Healthy

Gadget Tingkatkan Risiko Kanker

 

Koropak.co.id - Menggunakan handphone sudah menjadi keseharian bagi sebagian besar kalangan, hingga seringkai ketika hendak beristirahat baik tidur malam maupun tidur siang handphone selalu berada dekat dengan Anda, namun apakah Anda mengetahui dampak negatif yang kemungkinan mengganggu kesehatan Anda? Berikut informasi kesehatan mengenai dampak meletakan handphone dekat dengan posisi tidur Anda.

Jika Anda termasuk kategori orang yang meletakan ponsel dekat dengan posisi tidur Anda, sebaiknya mulai saat ini Anda belajar untuk merubah kebiasaan tersebut untuk meminimalisir pengaruh negatif tentunya.

Dilansir dari klikdokter, Gadget yang memiliki layar Light-emitting Diode (LED) mengeluarkan sinar biru yang diungkapkan oleh beberapa penelitian sinar tersebut dapat menghambat produksi salah satu hormon tubuh Anda yakni hormon melatonin.

 

Baca : Jangan Panik Ketika Batuk Melanda

Sinar biru tersebut dapat melakakukan stimulasi pada retina dan akan di teruskan ke otak, sehingga otak menafsirkan bahwa malam hari adalah siang hari sehingga terjadi penghabatan pada produksi hormon melatonin.Selain itu melihat layar Gadget tidak hanya handphone melainkan Televisi, Komputer, Tablet dan lainnya selama 2 jam tanpa henti dapat menghambat prodksi hormon melatonin sebanyak 22 persen.

Lalu hormon melatonin itu apa?. salah satu hormon yang berfungsi untuk mengontrol tidur manusia adalah hormon melatonin. efek terangnya sinar biru dari gadged serupa dengan sinar di siang hari. Sedangkan sel dalam retina (melapsonin) sangat sensitif dengan sinar tersebut sehingga akan berdampak terjadinya gangguan tidur hingga insomnia.

Pernyataan World Health Organization (WHO) pada 2011 lalu mengenai penggunaan gadged khususnya handphone, berisiko meningkatkan terjadinya kanker, meski hingga saat ini belum ada kepastian dan masih dilakukan penelitian lanjut. meski begitu penelitian dan pernyataan WHO tersebut didukung oleh International Agency for Research on Cancer.

 

Baca : Langkah Alternatif Obati Asma

Baca : Mengatasi Rambut Rontok yang Jarang Disadari

 

Namun yang harus diwaspadai saat ini, perlu Anda ketahui mengapa gadget khususnya handphone dapat menimbulkan risiko kanker adalah gangguan tidur yang berkepanjangan akan berdampak pada penyakit lain seperti obesitas dan diabetes, lebih parahnya penekanan hormon melatonin dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko kanker prostat, kanker kolorectal, dan kanker payudara.

Jadi tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda menghindari penggunaan handphone di malam hari terlalu lama, dan hilangkan kebiasaan meletakan gadget khususnya handphone dekat dengan posisi tidur Anda untuk mencegah dampak negatif bagi diri sendiri dan keluarga Anda.

Hal serupa yang perlu Anda aplikasikan adalah hindari penggunaan gadget 2 jam sebelum tidur, dan apabila hendak meletakan gadget dekat dengan posisi tidur Anda sebagai alarm pastikan hanphone dalam mode pesawat, dan hindari paparan radiasi saat sedang menelepon sebaiknya gunakan headphone atau earphone dan Anda juga bisa merubahnya ke mode speaker atau pengeras suara, semoga bermanfaat.*



Berita Terkait