Kiat Mengatasi Sindrom Mata Kering

Selasa, 20 Maret 2018 14:23 Eris Kuswara Healthy

Kiat Mengatasi Sindrom Mata Kering

Sepele Namun Berakibat Fatal

Koropak.co.id - Mata merupakan organ penglihatan yang harus kita jaga, ditambah lagi aktivitas di depan gadget atau layar komputer pun sudah menjadi kebiasaan sehari-hari seseorang. Bahkan hal tersebut juga bisa menjadi penting bagi seseorang yang memiliki tuntutan pekerjaan dengan gadget atau layar komputer. Sehingga dengan kebiasaan tersebut apabila dilakukan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan gangguan, salah satunya adalah sindrom mata kering.

Penyakit mata kering ini merupakan kondisi mata yang mengalami kekurangan cairan akibat mata yang mudah menguap atau juga produksi air mata yang terlalu sedikit. Selain itu nama lain dari penyakit mata kering ini adalah Keratoconjunctivitis sicca atau lebih dikenal sebagai sindrom mata kering yang disebabkan oleh cairan dari mata itu sendiri tidak diproduksi secara normal. Maka hal tersebut akan mengakibatkan mata memerah dan terasa pedas, serta daya pandangpu ikut menurun.

Selain itu jika hal tersebut juga diabaikan dan tidak ditangani dengan tepat, maka kondisi tersebut juga akan semakin parah dan bisa menyerang bagian kornea bahkan bisa menyebabkan kehilangan pandangan. Ditambah lagi ternyata terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan manusia mudah mengalami sindrom mata kering.

Selain diakibatkan oleh terlalu lamanya seseorang dalam menatap layar gadget atau layar komputer, hal lainnya adalah faktor usia terutama lansia, perubahan hormon, cedera pada mata, radiasi, peradangan permukaan bola mata, efek minum obat-obatan, serta iklim lingkungannya. Bahkan, seringkali akibat gejala penyakit ini yang masih tergolong ringan atau terlalu disepelekan dampaknya, maka sering sekali membuat kita justru mengucek mata terus yang membuat mata juga semakin memerah.

Oleh karena itu kita bisa melakukan beberapa cara untuk menghindari sindrom mata kering tersebut.

1. Cuci mata
Mata kering ini bisa membuat mata seseorang terasa gatal, sehingga alangkah baiknya cucilah mata dengan menggunakan air dingin bersih yang mengalir sesuai dengan kebutuhan.

2. Selalu kedipkan mata
Cara kedua dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan kedipkan mata, sehingga jika kita banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer ingatlah selalu untuk mengedipkan mata kita beberapa kali dengan kisaran waktu 2 hingga 4 detik sekali atau setara dengan15 hingga 30 kali kedipan setiap menitnya. Hal ini juga akan mencegah mata kita cepat kering dan perih.

3. Mentimun
Mentimun merupakan salahsatu buah yang mengandung vitamin C sebagai antioksidan dalam mencegah iritasi pada mata dengan memiliki kandungan air didalamnya sekitar 95 persen. Sedangkan untuk pengaplikasikannya, Anda cukup mengambil satu buah mentimun segar yang sudah dipotong lalu kemudian letakkan mentimun itu pada kedua mata Anda atau bisa juga dengan mencelupkan kapas ke jus mentimun yang dilanjutkan dengan ditepuk-tepuk ke sekitar area mata.

4. Lidah buaya
Selain itu lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai pencegah sindrom mata kering, untuk pengaplikasiannya sendiri adalah dengan mengambil sedikit gel lidah buaya kemudian oleskan pada kelopak mata. Biarkanlah selama 10 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Minum banyak air
Meminum air juga memang sudah menjadi hal wajib bagi tubuh agar tubuh kita tidak kehilangan cairan karena tubuh tersebut juga harus terhidrasi dengan baik. Selain itu dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ini bisa menyebabkan seseorang mengalami sindrom mata kering.

6. Mengkonsumsi omega 3
Melaksanakan diet dengan sedikit mengkonsumsi omega 3 juga ternyata bisa menyebabkan sindrom mata kering. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk memperbanyak asupan omega 3 yang terdapat pada ikan, biji rami, atau flax seeds, biji wijen, dan kenari.

7. Minyak kelapa
Ketika Anda dalam posisi rebahan, Anda juga bisa oleskan coconut oil atau minyak kelapa dengan menggunakan kapas pada bagian kelopak mata. Setelah itu diamkan selama 10 menit kemudian ulangi setidaknya dua kali dalam sehari.*



Berita Terkait