Asal Muasal Oncom yang Unik, Ada Sejak Abad ke-17

Kamis, 06 Januari 2022 07:50 Eris Kuswara Kuliner

Asal Muasal Oncom yang Unik, Ada Sejak Abad ke-17

 

Koropak.co.id - Meskipun oncom dikenal sebagai makanan yang berbahan limbah, namun oncom berhasil menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup digemari dari dulu hingga kini.

Namun, bagi kamu yang belum mengetahuinya, mungkin akan berpikir bahwa oncom merupakan olahan makanan yang justru berasal dari limbah makanan.

Diketahui, oncom sendiri memiliki rasa yang terbilang unik. Tak hanya itu saja, berbagai olahan oncom juga bisa kita nikmati yang pastinya menggugah selera. Contohnya seperti Sambel Oncom, Tumis Oncom, Nasi Tutug Oncom, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu, dari mana sebenarnya asal oncom ini? Mengapa berawal dari limbah, kemudian bisa dijadikan sebagai makanan oleh masyarakat Jawa Barat?

Berdasarkan catatan sejarahnya, ternyata Oncom merupakan makanan yang mempunyai sejarah cukup panjang. Sejarawan kuliner, Fadly Rahman mengatakan bahwa oncom itu diperkirakan sudah dikonsumsi oleh masyarakat sejak abad ke-17, bersamaan ketika baru ditemukannya tempe.

Sama halnya dengan tempe, oncom juga merupakan bentuk kreativitas dari masyarakat Indonesia dalam mengolah makanan. Mereka berhasil melakukan teknik fermentasi terhadap sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, hingga ampas kelapa.

Lalu, di mana asal nama oncom? Hmm ternyata hingga detik ini, masih belum terpecahkan mengenai asal mula dari nama oncom itu sendiri.

 

Baca : Kue Apem dan Wafatnya Sayyidina Husain RA

Selain itu, dilansir dari berbagai sumber, nama Oncom juga ternyata tak tertulis secara jelas dalam berbagai naskah kuno.

Meskipun begitu, dalam banyak laporan yang dilakukan para ahli botani, ahli pangan, dan juga ahli gizi asal Belanda saat itu, nama oncom sendiri diduga sudah ada sekitar abad ke-19 hingga ke-20.

Dalam berbagai catatan dari para ahli botani, ahli pangan dan ahli gizi Eropa kala itu, disinggung mengenai popularitas oncom di kalangan produsen dan konsumen pribumi.

Tak hanya itu saja, dalam laporan yang terbit pada tahun 1924 itu juga disebutkan mengenai masalah distribusi oncom di pasar serta bagaimana oncom dijual untuk konsumsi sehari-hari masyarakat pada masa itu.

Jika dilihat secara terminologi, memang hingga saat ini belum bisa dipastikan mengenai asal usulnya (nama oncom) dari mana. Namun, jika melakukan pelacakan secara taksonomi nama makanan di Jawa Barat, biasanya orang Sunda itu terkenal kreatif dalam melakukan penyingkatan nama makanan.

Sementara itu, meskipun terbuat dari ampas, oncom ini ternyata juga mempunyai beragam kandungan gizi. Salah satu manfaat dari oncom sendiri adalah mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Kamu juga tentunya bisa memperoleh manfaat ini dengan harga yang cukup murah. Pasalnya oncom dijual dengan harga yang terjangkau. Apakah kamu tertarik untuk menyantapnya?

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait