Animasi Sabda Alam Karya SMK RUS Kudus Curi Perhatian Penikmat Film Dunia

Selasa, 16 November 2021 10:45 Eris Kuswara Intermezo

Animasi Sabda Alam Karya SMK RUS Kudus Curi Perhatian Penikmat Film Dunia

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, video musik animasi garapan para siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus berjudul "Sabda Alam", diputar di Balinale International Film Festival.

Luar biasa! Karya itu mendapat banyak apresiasi dari publik.

Seorang jurnalis film asal Perancis, Renee Thorpe mengatakan bahwa animasi "Sabda Alam" tidak hanya berhasil mencuri perhatian pengunjung Balinale dalam negeri, akan tetapi juga para penikmat film mancanegara.

“Karya ini sangat menarik dari segi animasi maupun tema cerita yang diangkat. Pesan tersirat yang ingin disampaikan dalam film ini juga terwakili oleh berbagai elemen, mulai dari musik, lirik dan gambar yang menjadi kesatuan yang utuh,” kata Renee selepas menyaksikan film "Sabda Alam" di Kuta Bali sebagaimana dilansir Koropak dari Antara, Selasa 16 November 2021.

Selain itu menurutnya, karya para siswa SMK RUS Kudus dibawah binaan Djarum Foundation sangat luar biasa dan dapat membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bahkan pihaknya pun mengusulkan sebaiknya ada pertukaran pelajar dari SMK RUS dengan siswa di sekolah Perancis agar bisa menambah "insight skill."

Sebab ini merupakan awal yang menarik untuk mereka bisa berkarya di industri animasi.

 

Baca : Film Anime One Piece : Stampede Sukses Sedot Anime Penonton Indonesia

Senias senior, Garin Nugroho juga mengaku terpukau akan kualitas video musik animasi "Sabda Alam."

Dia juga turut memuji para pelajar yang masih duduk di bangku SMK, namun mereka mampu menghasilkan karya seperti hasil garapan industri kelas dunia.

"Saya sudah melihat beberapa karya hasil SMK RUS. Animasi 'Sabda Alam' ini sangat luar biasa sekali untuk sekelas anak-anak SMK yang membuat animasi sebagus ini," ujar Garin.

Diketahui, film animasi "Sabda Alam" sendiri lahir dari keprihatinan para siswa SMK RUS terhadap burung-burung endemik di Indonesia seperti Jalak Bali dan Ekek Geling Jawa yang keberadaannya semakin terancam punah.

Video musik animasi ini juuga diiringi lagu "Sabda Alam" ciptaan almarhum Chrisye dan Junaedi Salat yang diaransemen kembali oleh Tohpati.

Menariknya lagi, SMK Raden Umar Said juga turut berkolaborasi dengan sederet penyanyi bersuara emas kebanggaan Tanah Air.

Tercatat mereka adalah Eva Celia, Fadly Padi, Mario Ginanjar, Mytha Lestari dan Leisha Kaligis yang mengisi karakter suara burung-burung di video tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini