Inilah 5 Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Gadget

Kamis, 11 November 2021 15:27 Eris Kuswara Healthy

Inilah 5 Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Gadget

 

Koropak.co.id - Sekitar satu dekade belakangan ini, smartphone menguasai dunia. Banyak orang di dunia yang tidak bisa pergi tanpa membawa smartphone dikarenakan sudah kecanduan dengan gadgetnya.

Padahal, kebiasaan terlalu sering bermain smartphone itu dapat mengganggu kesehatan fisik dan psikologis. Bahkan beberapa di antaranya muncul beberapa tahun belakangan.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito A. Damay Sp.JP(K) pun membeberkan beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terlalu seringnya bermain smartphone.

Berikut 5 gangguan kesehatan yang disebabkan karena terlalu sering bermain smartphone sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis 11 November 2021:

1. Migrain

Terlalu lama dalam menatap layar smarthphone, terbukti dapat meningkatkan risiko migrain dan sakit kepala. Hal ini dikarenakan radiasi cahaya dari smartphone yang dapat mengganggu sinyal di otak dan menyebabkan stres.

"Selain itu, penyebab lain dari migrain saat main HP itu karena posisi tubuh yang salah. Mungkin kita sendiri sering menatap layar HP dengan posisi menunduk yang memicu ketegangan otot, khususnya pada leher dan menyebabkan kepala akan terasa ketarik," kata dr. Vito dalam akun Instagram-nya, @doktervito.

2. Low Battery Anxiety

Terlalu sering bermain smartphone juga ternyata dapat memicu munculnya rasa panik ketika mengetahui baterai handphone hampir habis. Hal ini juga bisa menyebabkan kecemasan yang tidak baik untuk mental penggunanya.

Baca : Inilah Efek Buruk Kecanduan Game Online
https://news.koropak.co.id/7882/inilah-efek-buruk-kecanduan-game-online

3. Phantom Vibration Syndrome

Ini merupakan kondisi kecemasan yang muncul ketika mengira ponsel bergetar atau mengira ada telpon yang berdering, padahal sebenarnya tidak ada sama sekali.

4. Nomofobia

Nomofobia sendiri merupakan sindrom ketakutan jika tidak memegang handphone dan ini bisa terjadi saat ponsel miliknya ketinggalan.

"Sebuah penelitian menemukan bahwa saat seseorang melakukan aktivitas dengan dibarengi handphone berdering, dia menjadi lebih sulit berkonsentrasi, bahkan meningkatkan kecemasan," ucap dr. Vito.

5. Fear of Missing Out (FOMO)

Gangguan kesehatan lainnya akibat terlalu sering bermain smartphone adalah FOMO, yaitu rasa takut akan ketinggalan informasi terbaru dari internet.

Akibatnya, mereka yang mengidap FOMO ini akan lebih sering membandingkan hidupnya dengan orang lain yang membuat mereka merasa tidak bahagia, iri, bahkan depresi.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait