Hari Penglihatan se-Dunia, Salah Satu Bukti Inisiatif WHO

Kamis, 14 Oktober 2021 15:14 Aisya Kartika Healthy

Hari Penglihatan se-Dunia, Salah Satu Bukti Inisiatif WHO

 

Koropak.co.id - Hari Penglihatan se-Dunia merupakan hari dimana orang-orang meningkatkan kesadaran akan kesehatan mata setiap tahunnya.

Di tahun 2021 ini, Hari Penglihatan se-Dunia jatuh pada Kamis, 14 Oktober 2021 dengan mengusung tema #LoveYourEyes

Setidaknya ada 1 milliar jiwa yang mengidap gangguan kesehatan pada penglihatan baik itu jarak dekat maupun jarak jauh.

Peringatan World Sight Day atau Hari Penglihatan se-Dunia ini dirayakan pada hari Kamis, minggu kedua di bulan Oktober tiap tahunnya, dan hal ini pertama kali diamati pada tahun 2007.

Dihimpun oleh Koropak dari beberapa sumber, Sejarah tercetusnya peringatan ini adalah bentuk kerjasama antara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan Badan Internasional untuk Pencegakan Kebutaan (IAPB).

 

Baca : Peringatan No Bra Day, Begini Asal Muasalnya

Mereka memiliki tujuan untuk menyebarkan kesadaran menegnai pentingnya pengetahuan masalah visioner, melalui beberapa acara besar yang berbeda.

Dengan adanya peringatan ini, edukasi terhadap masyarakat secara global mengenai upaya pencegahan dan mengobati kehilangan penglihatan dapat tersampaikan secara maksimal.

Perayaan ini pertama kali di upayakan oleh SightFirstCampaign dari Lions Club International Foundation Pada Tahun 2000 yang kemudian bekerjasama dengan organisasi kebutaan dari seluruh dunia dalam peringatan Hari Penglihatan se-Dunia pada 8 Oktober 1998.

Kegiatan ini kemudia masuk kedalam inisiatif global yang dikelola oleh IAPB dan memiliki nama VISION. Dalam program ini, banyak organisasi non-pemerintah, komunitas, asosiasi profesi, dan pihal lainnya yang turut berkontribusi.

Kamu juga dapat turut serta dalam perayaan Hari Penglihatan se-Dunia ini. Kamu dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan kebutaan.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat membuat karya baik itu sebuah pamflet, poster, selembaran, hingga postingan di sosial media yang berisikan informasi peningkatan kesadaran terhadap kebutaan yang dapat dicegah.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini