Peringatan No Bra Day, Begini Asal Muasalnya

Rabu, 13 Oktober 2021 16:53 Aisya Kartika Healthy

Peringatan No Bra Day, Begini Asal Muasalnya

 

Koropak.co.id - Hari ini merupakan Hari Tanpa Bra Nasional atau No Bra Day Celebration. Sesama perempuan kamu dapat mengucapkan 'Happy No Bra Day" di hari ini, Rabu 13 Oktober 2021.

Mungkin banyak orang yang belum tahu, sebenarnya peringatan ini merupakan peringatan untuk apa, sehingga tak jarang banyak yang mengira untuk memamerkan bentuk dada tanpa bra.

Sebenarnya, peringatan hari tanpa bra ini merupakan bentuk peringatan kesehatan pada kaum wanita. Tujuannya untuk pencegahan kanker payudara.

Dalam peringatan ini kita bisa saling mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran perempuan juga laki-laki akan kanker payudara.

Setiap kali momen ini, biasanya diperingati dengan kampanye pemeriksaan dini dan deteksi kanker payudara.

Peringatan No Bra Day jatuh di tengah Breast Cancer Awarness Month atau Bulan Peduli Kanker Payudara yang diperingati pada bulan Oktober.

 

Baca : Inilah Sejarah Ketetapan Peringatan Hari Museum Nasional

Dalam penelusurannya, No Bra Day dapat ditelusuri pada dua momen yakni 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011.

Pada 9 Juli 2011, seseorang menyusun perayaan Hari Tanpa Bra Nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara.

Dengan bantuan tiga situs web untuk kampanye hal tersebut, diketahui seseorang tersebut menggunakan nama samaran Anastasia Donuts.

Selanjutnya, pada 19 Oktober 2011, seorang dokter bernama Dr. Mitchell Brown mencetuskan hari BRA.

Dokter yang diketahui dari Tronto, Kanada ini mencetuskan Hari BRA yang berasal dari kata "Breast Reconstruction - An Event of Learning and Sharing."

Ini merupakan peringatan untuk meningkatkan kesadaran bagi wanita yang tengah berada dalam mastektomi atau operasi pengangkatan payudara.

Sehingga di tahun 2013, dua hari tersebut digabungkan sehingga peringatan No Bra Day jatuh pada 13 Oktober untuk diperingati dalam bulan peduli kanker payudara.

Dalam perayaan ini kamu dapat turut berpartisipasi dengan melakukan pemeriksaan payudara.

Berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesadaran akan kanker payudara di media sosial, dan juga penggalangan dana bagi mereka yang menderita kanker payudara.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini