8 Jurus Ampuh Menaikan Berat Badan

Rabu, 13 Oktober 2021 08:17 Redaksi Healthy

8 Jurus Ampuh Menaikan Berat Badan

 

Koropak.co.id - Memiliki berat badan yang proporsional tentu diimpikan banyak orang. Namun kenyataannya, banyak pula yang merasa minder karena badan kurus.

Berat badan tak kunjung bertambah merupakan masalah klasik. Banyak yang sudah mencoba berbagai macam cara, minum berbagai macam obat penambah berat badan misalnya, namun tetap saja kurus.

Ternyata, menambah berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Banyak orang melakukan beragam cara diet untuk menurunkan berat badan. Tapi, tidak banyak ditemukan cara khusus untuk menaikan berat badan ya.

Dikutip dari berbagai sumber yang kredibel dibidang kesehatan, seperti Family Doctor, Healthline, Alodokter dan Hellosehat, berikut ini Koropak sajikan 8 cara agar berat badan bisa naik dengan cara sehat.

1. Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Cara paling ampuh menambah berat badan adalah dengan cara banyak makan dan sering. Meski begitu, perhatikan kesehatan dan asupan. Jangan terlalu menyiksa dengan cara ini.

Yang perlu diperhatikan fungsinya. Saat makan adalah menambah mengonsumsi kalori lebih banyak. Perhatikan pula intensitasnya, utamakan seringnya dan jumlahnya sedikit daripada makan 2-3 kali tapi porsi banyak.

2. Makan Banyak Karbohidrat dan Lemak

 

Baca : Ternyata, Ini Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun

Banyak makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan tinggi lemak. Ini sebaliknya dengan menurunkan berat badan ya.

Jika ingin serius menambah berat badan, banyak-banyaklah mengonsumsi protein, lemak dan karbohidrat setiap kali makan.

Konsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

3. Konsumsi Banyak Protein

Konsumsilah protein tinggi seperti daging, ikan, telur, produk susu, dan kacang-kacangan, sebagai cara menambah berat badan yang sehat.

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Jika perlu, bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan. Atau bagus juga mengonsumsi susu protein.

4. Olahraga

Jangan berpikir bahwa menambah berat badan tidak berolahraga. Ini anggapan salah. Justru, menambah berat badan sebenarnya sama seperti menurunkan berat badan dalam hal berolahraga.

Olahraga merupakan cara membentuk otot dan memberikan ruang pada. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.

Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan. Nah, jika nafsu makan bertambah, tentunya asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat.

5. Coba Konsumsi Suplemen

Di pasaran banyak beredar produk suplemen yang diklaim bisa menambah berat badan. Sebelum itu dilakukan, carilah informasi terlebih dahulu terkait manfaat dan tujuan penggunaannya.

 

Baca : Sudah Olahraga Maksimal Tapi Berat Badan Tidak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

Mengutip Healthline, mengonsumsi suplemen protein adalah strategi umum untuk atlet dan binaragawan yang ingin menambah berat badan. Ternyata, para atlet yang ingin menambah berat badan sering menggunakan suplemen protein ini.

Perlu diketahui fungsinya sebelum minum suplemen ini. Apakah menambah nafsu makan, meningkatkan massa otot atau ada fungsi lainnya.

Pastikan produk yang akan digunakan tersebut telah terdaftar di BPOM. Dan paling ideal adalah selalu berkonsultasi ke dokter saat hendak menggunakan produk suplemen penambah berat badan tersebut.

6. Perhatikan Jadwal Minum

Perhatikan saat minum. Menurut penelitian, minum sebelum makan akan membuat cepat kenyang dan bahkan mengurangi nafsu makan.

Jadi, jika ingin porsi makan lebih banyak, usahakankanlah minum 30 menit setelah makan.

7. Konsumsi Minuman Padat Kalori dan Nutrisi

Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

8. Pilih Camilan Sehat

Mengonsumsi camilan sebagai makanan untuk hiburan dan penambah variasi. Pilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Cobalah konsumsi kacang. Ini camilan yang enak dan dapat ditambahkan ke banyak makanan sebagai penambah variasi dan nafsu makan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait