Berat Badan Tak Kunjung Bertambah, Kenali 7 Penyebabnya

Rabu, 13 Oktober 2021 07:36 Redaksi Healthy

Berat Badan Tak Kunjung Bertambah, Kenali 7 Penyebabnya

 

Koropak.co.id - Apakah anda bagian dari orang yang berat badannya kurang alias kurus? Sudah mencoba berbagai macam cara dan minum berbagai macam obat penambah berat badan, namun tak kunjung ada hasil?

Kurus atau berat badan kurang dapat diartikan sebagai indeks massa tubuh (IMT).

Berbagai tampilan busana atau penampilan depan banyak orang kerap membuat minder gara-gara IMT ini. Padahal, ada banyak penyebab mengapa seseorang mengalami underweight.

Sebelum memutuskan menggunakan beragam tips menambah berat badan, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab berat badan tidak kunjung bertambah.

Dikutip dari berbagai sumber yang kredibel dibidang kesehatan, seperti Family Doctor, Alodokter dan Hellosehat, ternyata ada beberapa penyebab mengapa berat badan tidak kunjung bertambah.

Berikut ini Koropak sajikan penyebab berat badan tak kunjung bertambah:

1. Genetika atau Keturunan

Ada kemungkinan berat badan tidak kunjung bertambah karena faktor keturunan. Apalagi jika kondisi ini dialami sejak masa sekolah misalnya.

2. Aktivitas Fisik yang Tinggi

Aktivitas fisik yang tinggi dapat memengaruhi berat badan seseorang. Bisa jadi kalori dalam tubuh tidak menjadi lemak, melainkan dibakar karena aktivitasnya yang padat itu.

3. Penyakit Tertentu

 

Baca : Sudah Olahraga Maksimal Tapi Berat Badan Tidak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

Bisa jadi, ada penyakit tertentu yang memengaruhi badan menjadi kurus. Penyakit ini bisa karena nafsu makan yang berkurang atau memang kondisinya yang membuat badan tidak kunjung bertambah beratnya.

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan penurunan nafsu makan, contohnya kanker, kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Penyakit lain yang memengaruhi kondisi ini adalah hipertiroidisme dan diabetes.

Untuk masalah ini, disarankan segeralah periksa ke dokter atau ahli gizi. Apalagi jika mengalami penurunan berat badan drastis, segeralah periksakan kepada ahlinya.

4. Konsumsi Obat Tertentu

Apabila sedang mengonsumsi obat tertentu untuk pengobatan penyakit tertentu misalnya, bisa jadi ini penyebab berat badan tidak kunjung bertambah.

Kebanyakan orang yang mengalami penurunan berat badan yang drastis karena sedang pengobatan khusus, seperti penyakit kanker, khususnya yang sudah memasuki stadium lanjut.

5. Masalah Psikologis

Kesehatan mental sangat berpengaruh pada kualitas badan. Kondisi mental yang kurang sehat akan berpengaruh pada emosional yang tidak terkontrol, mengganggu nafsu makan dan tidak teratur pola istirahat.

 

Baca : Wow, Ternyata Kopi Bisa Turunkan Berat Badan

Ini memang terkait dengan masalah kejiwaan. Kondisi depresi, gangguan kecemasan atau gangguan makan berupa anoreksia dan bulimia. Apabila mengalami kondisi ini, sebaiknya, lakukan konseling kepada pakarnya.

6. Gangguan Pencernaan dan Malas Makan

Kondisi ini bisa disebabkan karena gangguan pencernaan. Dalam tubuh sedang mengidap penyakit Crohn atau kolitis ulseratif.

Ada pula yang kondisinya malas makan. Dengan berbagai sebabnya, tidak adanya asupan makanan yang masuk dalam tubuh tentunya akan sukar untuk menambah berat badan meskipun sudah minum beragam suplemen.

7. Kurang Gizi

Ini bisa dikatakan tidak terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Kurang asupanan makanan bergizi sehingga menurunkan berbagai fungsi oragan dalam tubuh.

Kondisi malnutrisi ini bisa menyebabkan kurang gizi dan badan kurus.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait