4 Artis Cantik Ini Bicara Soal Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Minggu, 10 Oktober 2021 12:33 Eris Kuswara Intermezo

4 Artis Cantik Ini Bicara Soal Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

 

Koropak.co.id - Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HJKS) yang diperingati hari ini, sederet artis ternama Indonesia angkat bicara terkait kesehatan mental khusunya di Indonesia.

Seperti diketahui, peringatan HKJS sendiri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa. Terlebih lagi saat ini pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi kejiwaan masyarakat.

Untuk tema yang diusung tahun ini adalah 'Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua'.

Alasan pemilihan tema tersebut dikarenakan kesehatan jiwa merupakan masalah yang dialami berbagai lapisan masyarakat, termasuk juga para artis Tanah Air.

Berikut Koropak rangkum sederet artis yang kerap berbicara soal kesehatan mental melalui acara bincang-bincang maupun media sosialnya.

1. Ariel Tatum

Artis cantik yang satu ini mengaku telah mengidap gangguan mental saat dirinya masih remaja. Ariel Tatum pun menyadari gangguan kesehatan mental yang diidapnya itu saat masih berusia 11 tahun.

Selain itu, gangguan mental tersebut juga ternyata sempat membuat Ariel Tatum memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan Tanah Air. Dalam prosesnya tersebut, Ariel juga bahkan sempat berpikir untuk berhenti menjadi artis.

Akan tetapi, Ariel Tatum pun menyadari bahwa ketenarannya sebagai artis dapat dimanfaatkan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental.

Melalui media sosial pribadinya, Ariel Tatum pun mengampanyekan dengan hastag #LetEndTheSame agar kesehatan mental tidak lagi dianggap tabu dibicarakan.

 

Baca : Hari Kesehatan Mental Sedunia, WHO Singgung Dampak Pandemi Covid-19


2. Marshanda

Marshanda juga turut berbicara blak-blakan mengenai penyakit bipolar dan depresi yang diidapnya. Dia juga telah mengalami momen-momen saat orang lain menganggapnya gila.

Namun kini Marshanda telah bangkit dan mengampanyekan kepedulian terhadap kesehatan mental melalui media sosial.

Belakangan ini Marshanda juga turut mengungkap efek obat bipolar disorder yang dikonsumsinya. Karena diharuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut, nafsu makan Marshanda pun menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan kegemukan pada badannya.

Melalui media sosialnya, Marshanda mengkampanyekan cara hidup sehat dan tetap percaya diri dengan perubahan bentuk tubuh khususnya bagi yang senasib dengannya.

3. Rachel Vennya

Siapa yang menyangka bahwa ternyata Rachel Vennya mengidap bipolar disorder. Rupanya dia telah mengalami kondisi tersebut sejak masih kecil hingga pernah mencoba bunuh diri.

Akibatnya, Rachel pun sempat dilarikan ke rumah sakit jiwa karena didiagnosa bipolar disorder. Di lingkungan keluarganya, Rachel Vennya justru disebut kerasukan setan. Beruntungnya kondisi itu kini telah tertangani dengan baik.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kesehatan mental, Rachel sempat membuat art exhibition bertajuk Raven is Odd saat mengerjakan salah satu prasyarat skripsi.

Dengan Raven is Odd itu Rachel ingin memberikan semangat kepada para pejuang kesehatan mental serta memberikan edukasi mengenai hal tersebut.

4. Awkarin

Awkarin juga turut menggunakan media sosial untuk berbagi kisah pribadinya dalam menghadapi masalah kesehatan mental. Rupanya, Awkarin juga sempat mengalami depresi karena di-bully di media sosial.

Menurutnya, melewati semua itu tidak semudah membicarakan atau menuliskannya. Akan tetapi, pemilik nama Karin Novilda tersebut merasa beruntung sebab mendapatkan dukungan dari sekitarnya.

Awkarin kemudian menyampaikan kepada masyarakat untuk mendatangi psikolog atau psikiater ketika mereka mengalami gangguan mental.

Dia juga turut mengajak masyarakat agar lebih memerhatikan orang-orang di sekitar yang menunjukkan tanda-tanda untuk mencoba mengakhiri hidup. Dengan peduli pada lingkungan sekitar, Awkarin berharap ada nyawa yang berhasil diselamatkan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini