Terkena Abu Rokok, Firda Ngoceh di Medsos

Rabu, 06 Oktober 2021 19:31 Cepy RN Intermezo

Terkena Abu Rokok, Firda Ngoceh di Medsos

 

Koropak.co.id - Baru baru ini viral seorang remaja wanita yang curhat di media sosial Twitter karena dirinya terkena abu rokok dari pemotor lain, hal ini membuatnya jengkel.

Remaja wanita itu bernama Firda, ia mengeluhkan matanya yang kepedihan karena tingkah pengendara lain yang merokok diatas sepeda motor.

"Woy plis jangan ngerokok di jalan dong. Kalo ngeroko di mobil pun jangan buang bara ke luar. Barusan mata gw kena bara roko sampe gabisa buka matanya, pedih bgt. Jadi perokok yang bertanggung jawab lahh," tulis @AkunFirda dalam cuitan Twitternya, Rabu (6/10).

Ia tak habis pikir bisa menjadi korban bara api rokok pengguna jalan lain, padahal ia selalu menggunakan helm saat mengendarai motor dijalan.

Firda juga berharap, para perokok sadar dan tidak melakukan hal ini lagi agar tidak banyak lagi korban.

 

Baca : Penghina Nabi Muhammad SAW, Lark Vilk Tewas Terbakar Hidup-Hidup

Menurut peraturan yang berlaku, merokok sambil berkendara dapat mengganggu konsentrasi.

Seperti dalam Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat, warga dilarang mengendarai kendaraan bermotor sambil merokok.

"Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor," bunyi Pasal 6 Huruf C.

Selain itu, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang melarang pengendara melakukan aktivitas lain saat berkendara, termasuk merokok.

Dijelaskan bahwa pengendara yang melanggar aturan tersebut bisa diganjar denda maksimal Rp 750 ribu atau maksimal 3 bulan penjara.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait

Driver Cantik Ini Lihai Kemudikan Bus

Driver Cantik Ini Lihai Kemudikan Bus

26 Oktober 2021

Driver cantik itu diketahui bernama Liena Ozora. Ia memang sangat piawai mengendarai kendaraan jumbo yang bisa mengangkut puluhan orang.