Tak Cuma Lisa Blackpink, Selebritis Ini Dianggap Lakukan Cultural Appropriation

Kamis, 30 September 2021 17:09 Eris Kuswara Intermezo

Tak Cuma Lisa Blackpink, Selebritis Ini Dianggap Lakukan Cultural Appropriation

 

Koropak.co.id - Lisa Blackpink masih jadi buah bibir. saat ini tengah didera kabar tak sedap. Gaya rambutnya yang berkepang kotak dianggap telah melakukan perampasan budaya atau cultural appropriation.

Lisa Blackpink lewat video solonya yang berjudul 'Money' memang masih menjadi perdebatan. Namun tahukah kalian, para selebritis lainnya juga pernah melakukan hal serupa. Diantaranya mereka berasal dari Indonesia.

Berikut ini, Koropak menghimpun dari berbagai sumber, para artis dan selebritis yang dinilai melakukan Cultural Appropriation.

1. Nagita Slavina

Istri Raffi Ahmad ini tersandung isu cultural appropriation. Ia viral di media sosial saat penunjukkannya sebagai Duta PON XX Papua. Nagita dianggap tidak tepat karena bukan Orang Asli Papua (OAP).

Dalam rangkaian sosialisasi PON XX Papua, foto Nagita yang memakai pakaian adat Papua dinilai tidak tepat. Hajat PON yang diselenggarakan di Papua itu idealnya menjadi kesempatan publik figur asal Papua.

Komika asal Papua, Arie Kriting salah seorang yang memprotes penunjukan Nagita sebagai Duta PON XX tersebut. Netizen lainnya menyauarakan hal senada. Akun Twitter @gyozagonza misalnya, “Karena tidak ada lagi perempuan Papua Barat untuk mewakili budaya mereka sendiri. Apropriasi budaya tuh bukan cantik ya,” cuitnya berbahasa Inggris, dikutip Senin (1/6/2021).

2. Agnez Mo

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Agnez Mo dinilai melakukan apropriasi budaya. Hampir sama dengan Nagita, namun berbeda konteks kala itu. Mantan penyanyi cilik ini menata rambutnya dengan anyaman rambut khas Papua.

Kala itu, artis Indonesia yang sudah go internasional itu akan meluncurkan album terbarunya, Diamond. Sebelum album diperkenalkan, Agnez Mo memosting penampilan dirinya yang berambut panjang dianyam, lengkap dengan kulit yang terlihat lebih gelap.

Agnez Mo dengan penampilannya itu menuai pro dan kontra. Sebagian ada yang mendukung karena dia dianggap memberikan penghormatan kepada budaya Papua dan ingin mengenalkannya ke dunia internasional. Sebagian lagi menilai Agnez Mo tidak sensitif terhadap penderitaan dan diskriminasi yang dihadapi masyarakat Papua.

 

Baca : Lisa Blackpink Serius Minta Maaf, Kenapa ?

3. Adele

Pada akhir Agustus tahun lalu, penyanyi Adele dituduh melakukan apropriasi budaya. Penyanyi seksi itu mengunggah foto mengenakan bikini bergambar bendera Jamaika lengkap dengan rambut dikepang berbentuk simpul.

Unggahan itu dia sampaikan melalui akun Instgramnya, @adele. Ia menulis, "Happy what would be Notting Hill Carnival my beloved London." “Senang apa yang menjadi Karnival Notting Hill, London-ku tercinta,” tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

Sebenarnya foto itu dia diunggah sebagai bentuk kekecewaan atas batalnya karnival Afro-Karibia tahunan yang biasa digelar di London. Pantauan Koropak pada Kamis (30/9/2021) petang, postingan Adele ini masih ada, dan mendapatkan 5,843,128 likes.

Karena unggahan Adele ini, sebagian netizen menilai dia tidak sopan, tidak sensitif dan merendahkan orang Jamaika.

4. Bhad Bhabie

Rapper cantik dari Amerika Serikat, Bhad Bhabie, tak hanya mengejutkan lewat pencapaiannya di platform OnlyFans yang meraup duiut US$ juta lebih atau sekitar 14,5 miliar dalam waktu 6 jam.

Bhad Bhabie yang nama lengkapnya Danielle Bregoli itu pernah diprotes banyak pihak karena mengenakan gaya rambut box braid. Kala itu, dia mendapatkan tawaran iklan dari CopyCat Beauty. Sementara, Faith Fennidy, seorang anak kulit hitam dikirim pulang pada hari pertamanya masuk sekolah karena mengepang rambut dengan gaya serupa.

Di Amerika sendiri, isu ras masih menjadi perkara sensitif. Orang berkulit hitam dianggap minoritas. Dan apa yang dilakukan Bhad Bhabie kontras dengan apa yang terjadi dengan Faith Fennidy.

 

Baca : Segera Tayang, The Adventure Of Suparman Reborn

5. Katty Perry

Katy Perry memicu pro dan kontra setelah memakai kostum Geisha di American Music Awards (AMA) tahun 2013. Banyak yang menilai negatif hal tersebut karena berisi pesan eksploitasi wanita hingga menyindir kebudayaan Jepang.

Kostum Katty Perry dinilai tidak tradisional, terkesan menonjolkan sisi seksualitas dan paling penting adalah dinilai menyinggung budaya Jepang.

Dalam kasus ini, Katty Perry nyaris tak memberikan pembelaan. Hanya dalam salah satu wawancara dengan GQ Magazine, dia menjawab, "Apa yang saya coba lakukan adalah memberikan penampilan yang sangat memukau tentang sebuah tempat yang sangat saya senangi. Dan dari sanalah saya mulai beranjak, tanpa pikiran lain di samping itu."

6. Lisa Blackpink

Lisa Blackpink lewat video solonya yang berjudul 'Money' menuai perdebatan. Ia langsung menyampaikan permohonan maafnya karena gaya rambutnya yang berkepang kotak dianggap telah melakukan perampasan budaya atau cultural appropriation.

Diketahui, 'Money' sendiri merupakan single solo kedua dari Lisa Blackpink setelah 'Lalisa'. Tercatat, pada 24 September 2021 pukul 01:40 WIB, MV LALISA yang dirilis 10 September 2021 lalu itu sudah mencapai angka 200 juta views di YouTube.

Dengan capaian fantastis itu, Lisa Blackpink berhasil mencetak rekor baru sebagai MV penyanyi K-Pop solo tercepat yang mencapai angka tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait