Jangan Khawatir, Vaksinasi Covid-19 Tidak Ada Kaitannya Dengan Pecah Pembuluh Darah

Kamis, 30 September 2021 08:12 Rizky Healthy

Jangan Khawatir, Vaksinasi Covid-19 Tidak Ada Kaitannya Dengan Pecah Pembuluh Darah

 

Koropak.co.id - Sekali lagi para ahli kedokteran menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak berdampak pada penyakit serius lain semisal pecahnya pembuluh darah. Sebagai informasi, kabar semacam ini telah berbedar luas di tengah masyarakat.

Padahal, Direktur RS Pusat Otak Nasional Mursyid Bustami memberikan penjelasannya terkait disinformasi tersebut. Bahwasannya vaksinasi tidak menyebabkan efek samping serius semisal pecahnya pembuluh darah.

Klarifikasi ini disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Kesehatan akhir pekan kemarin. Kalaupun ada efek samping dari pemberian vaksinasi COVID-19, kata Musryid, sifatnya masih sangat ringan dan mudah diatasi seperti demam, nyeri, mengantuk dan lapar.

"Efek ini biasanya tidak berlangsung lama, maksimal 2 hari pasca penyuntikan vaksin," katanya.

 

Baca Berita : Awas Hoax! Tukul Arwana Sakit Pendarahan Otak Bukan Karena Vaksin

Mursyid menjelaskan data bahwa sekitar 20% stroke pendarahan disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Adapun penyebab utamanya karena tingginya faktor risiko tertentu dan bukan disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Faktor risiko yang dia maksud hingga menjadi common respector, diantaranya diabetes, hipertensi, pola makan yang buruk, merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, alkohol dan narkotika.

Lebih jauh dia menjabarkan, pada dasarnya faktor risiko yang disebutkannya itu ada 2 jenis, yakni yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan. Yang bisa dikendalikan sebaiknya dicegah sedini mungkin. Caranya adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Adapun untuk faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan yakni umur, genetik jenis kelamin. Untuk mengetahuinya sebaiknya melakukan cek kesehatan secara berkala agar bisa dilakukan antisipasi secepatnya.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait