Mengulik Pirografi, Teknik Lukis Bakar yang Ciamik

Sabtu, 25 September 2021 18:29 Cepy RN Hobi

Mengulik Pirografi, Teknik Lukis Bakar yang Ciamik

 

Koropak.co.id - Istilah pirografi mungkin masih terasa asing. Namun, jika disebutkan detail, tentang teknik lukis bakar, yaitu melukis sebuah gambar pada sepotong kayu atau triplek dengan menggunakan solder panas atau alat tertentu tentu tidak begitu asing.

Inilah yang digeluti Dennis Marshall atau Denmars Art. Seniman dari Kampung Bojot Desa Sukapada Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya ini sudah menggeluti seni Lukis Bakar sejak tahun 2019.

"Mulanya iseng-iseng. Sebelumnya membuat mural, lalu ukiran scrall saw atau kayu ukir, barulah berkembang ke seni lukis bakar," katanya, belum lama ini.

Dennis berkata, melukis dengan cara dibakar ini sangat dinikmatinya. Ia bisa melepaskan stres sekaligus menghasilkan karya artistik yang menarik dan bernilai jual.

"Dulu sering banyak yang pesan minta dilukiskan wajahnya di atas kayu, sering overload orderan juga, kewalahan, karena pembuatannya handmade alias dibuat dengan tangan sendiri, tapi sekarang lagi pandemi kaya gini yang pesan sudah mulai berkurang", bebernya.

 

Baca : Workshop Seni Di Kota Tasikmalaya Menjaga Eksistensi Pelaku Seni Di Tengah Pandemi

Ia menjelaskan, lukisan bakar atau pyrography merupakan cara melukis menggunakan alat khusus yang panas. Jika belum memiliki alat khusus, bisa juga menggunakan solder yang tersambung dengan listrik.

Ia menuangkan karyanya ke dalam papan kayu. Pengerjaan cukup dilakukan dirumah dengan peralatan yang sederhana tadi. Cukup solder dan kayu papan bekas limbah pabrik atau yang dari mana saja mudah ditemukan.

Karya-karya lukisan bakar yang sudah ia hasilkan berupa lukisan foto siluet, jam dinding, gantungan kunci, tempat kriket, stand handphone, dan hiasan dinding lainnya. Adapun yang berupa kayu ukir seperti kotak amal, kaligrafi dinding, papan nama pintu, dan masih banyak lagi.

Dennis mengaku saat ini mengalami penurunan order. Lagi-lagi pandemi Covid-19 alasannya. Kendati demikian, dia mengaku masih memilih berkarya dengan lukisan bakar, dan dijual melalui media sosial pribadinya dengan nama akun facebook Denis Marshall.

"Di medsos dan promosi mulut ke mulut dari para pelanggannya terdahulu," katanya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait

Akhir Pekan Saatnya Produktif

Akhir Pekan Saatnya Produktif

31 Maret 2019

Akhir pekan tentunya merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Mereka ingin berisitirahat atau memanjakan diri, atau mungkin mereka juga…