Tiga Gerakan Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil Semester 3

Sabtu, 18 September 2021 07:03 Mita Awalia Healthy

Tiga Gerakan Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil Semester 3

 

Koropak.co.id - Trimester ketiga saat kehamilan adalah waktu yang sangat menegangkan bagi sebagian ibu hamil.
Memasuki semester tiga kehamilan memang jadi yang paling ditunggu-tunggu. Buah hati akan segera lahir ke dunia dengan membawa kebahagian untuk keluarga.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi bumil (Ibu hamil), Untuk melakukan olahraga ringan karena dapat membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan dan mempermudah proses persalinan bumil.

Namun, karna keselamatan bayi juga penting, konsultasikan dengan pelatih kebugaran atau dokter sebelum melakukan olahraga ya!. Demi keselamatan ibu dan sang buah hati.

Berikut Koropak.co.id akan merekomendasikan beberapa jenis olahraga yang baik di kehamilan trimester tiga diantaranya:

1. Jalan kaki

Jalan kaki dapat untuk menghilangkan rasa ketidak nyamanan pada masa kehamilan. Dianjurkan untuk berjalan kaki pada pagi hari. Karena selain menikmati udara yang masih segar, dapat melancarkan persalinan secara normal.

Bumil dirumah bisa berolahraga sekitar 150 menit dalam seminggu. Karna itu adalah waktu yang cukup ideal. Hal ini dapat membantu mengencangkan otot-otot pinggul. Dan membantu mempercepat persalinan, memudahkan proses persalinan, serta bebas rasa sakit.

 

Baca: Ratusan Atlet Paralayang Terbang Di Festival Paralinding TORI Seri Sumedang

2. Berenang

Olahraga yang satu ini adalah olahraga yang baik, karena selain untuk kesehatan, bumil juga bisa bermain dengan air. Dengan berenang ibu hamil dapat mendapatkan efek terapi untuk meredakan rasa sakit.

Tapi, Bumil dirumah juga harus tetap ingat untuk berhati-hati, karena olahraga didalam air tetap mengeluarkan tenaga dan keringat sehingga harus tetap memastikan untuk tetap menghidrasi tubuh sama seperti berolahraga di luar kolam.

3. Olahraga Tanpa Alat

Di semester ke 3 dalam kehamilan ini, olahraga menggunakan alat atau beban berat sangat tidak dianjurkan. Karena latihan tersebut memiliki efek mendorong pada bagian perut sehingga dapat memperburuk diastatis.

Maka dari itu, bumil dirumah dapat mencoba beberapa gerakan tanpa alat seperti push up dinding, variasi plank, dan squat. Namun tetap saja lakukan dengan perlahan, jangan terlalu berlebihan demi keselamatan ibu dan sang buah hati.

 

Lihat Juga: Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 




Berita Terkait