Makanan yang Tercipta Secara Tidak Sengaja, Kini Malah Melegenda

Kamis, 16 September 2021 07:07 Aisya Kartika Kuliner

Makanan yang Tercipta Secara Tidak Sengaja, Kini Malah Melegenda

 

Koropak.co.id - Ketidaksengajaan seringkali membawa hasil yang tidak terduga. Berawal dari biasa-biasa saja, tidak sengaja, tapi malah menjadi legenda. Menjadi sesuatu yang tidak pernah dilupakan. Amerta istilahnya.

Bisa jadi kamu pernah mengalami hal ini. Melakukan sesuatu yang tidak sengaja, namun malah menuai hasil yang memuaskan.

Contoh sederhana, mungkin kamu pernah mengambil gambar melalui fitur kamera di ponselmu. Saat kamu sengaja bergaya hasilnya tak begitu memuaskan, namun ketika kamu belum siap bergaya seringkali ketidaksengajaan pengambilan gambar membawa hasil yang menakjubkan.

Kali ini Koropak menyajikan sejumlah makanan yang ternyata tercipta dari ketidaksengajaan. Dilansir dari beberapa sumber, inilah makanan hasil ketidak sengajaan yang mungkin seringkali Kamu nikmati.

1. Yoghurt

Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti bagaimana asal mula sesungguhnya yoghurt tercipta. Tapi banyak orang meyakini, makanan pokok di banyak negara yang berbatasan dengan Laut Medaterania ini, tercipta pada saat produksi susu hewan lokal mulai didistribusikan.

Dikarenakan pada saat itu pendistribusian masih menggunakan bungkusan atau karung yang tercipta dari perut binatang seperti usus domba, atau bahkan kulit kambing.

Kombinasi antara susu dengan bakteri juga keasaman dari karung tersebut membuat susu mengental dan memiliki rasa yang masam. Disinilah hal yang diyakini menjadi awal terciptanya yoghurt.

 

Baca : Bisa Untung Rp. 4 Juta Perhari, Ini Bumbu Rahasa Fried Chicken Mang Syeh

2. Cookies dengan Choco Chip

Siapa sangka, makanan yang seringkali kita jumpai bahkan konsumsi ini ternyata tecipta karena ketidaksengajaan seseorang bernama Ruth Wakefield yang berencana membuat biskuit coklat.

Ketika hendak membuat biskuit coklat, dirinya menyadari bahwa coklat bubuk untuk membuat biskuit coklatnya habis. Ia pun berinisiatif memotong coklat batangan dan memasukannya ke dalam adonan dengan harapan akan mencair dan tercampur dengan adonan saat terkena panas pemanggang.

Namun ternyata, coklat batangan itu tak meleleh dan menyatu bersama adonan. Hasilnya nampak seperti cookies choco chip yang umumnya kita konsumsi saat ini.

3. Sandwich

Makanan yang tidak sengaja tercipta di tahun 1700-an ini, merupakan makanan yang ditemukan oleh seorang pejudi bernama John Montagu. Dia tak sengaja menciptakan makanan ini dikarenakan tak ingin meningalkan permainan kartunya yang sedang berlangsung hanya untuk makan.

John Montagu lantas menyuruh pelayan untuk membuat hidangan sepotong daging yang ditaruh di antara dua potong roti untuk membudahkan Montagu memakannya. Kemudian makanan itupun dikenal dengan istilah 4th Earl of Sandwich pada masa itu, dan kini lebih dikenal dengan sandwich saja.

4. Keripik Kentang

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Makanan atau camilan yang sering kita jumpai terutama ketika berkumpul di kampung halaman ini, ternyata tercipta karena ketidaksengajaan seorang koki yang bekerja di sebuah Restoran di New York.

Keripik kentang yang diciptakan oleh George Crum, sebenarnya merupakan bentuk protes terhadap pelanggannya dikarenakan mengkritik bahwa kentang goreng buatan Crum dinilai terlalu tebal.

Karena kesal, Crum memotong kentang sangat tipis hingga tak bisa ditusuk dengan garpu, lalu hingga kering dan ditaburi bumbu perasa. Lah, hasil potongan tipis tersebut malah membuat Crum menemukan hidangan yang disukai oleh pelanggannya.

Berkat dari kekesalannya itu, hidangan yang dia sajikan malah membuat pelanggannya puas. Crum jadi terkenal. Bahkan saat ini kamu bisa menjumpai keripik kentang di pusat perbelanjaan, yang dijual dalam kemasan dengan beragam varian rasa.

5. Es Krim Cone

Percaya atau tidak, faktanya es krim Cone ini tercipta dari hasil ketidaksengajaan kerjasama antar dua pedagang di tahun 1904.

Memang banyak cerita bagaimana Es Krim Cone ditemukan, namun yang banyak dipercaya mengenai awal mula es krim Cone ini bermula di St. Louis World's Fair.

Saat itu pedagang eskrim kehabisan wadah untuk menaruh eskrim yang akan dijual, sehingga mengajak seorang pedagang waffle bernama Ernest Hamwi asal Syria untuk bekerjasama.

Alhasil, Ernest memutuskan untuk membuat wafflenya berbentuk kerucut yang kemudian digunakan sebagai wadah eskrim. Dari situlah Es krim cone mulai terkenal dan diproduksi juga berkembang hingga saat ini.

Bagaimana pendapatmu mengenai beragam ketidaksengajaan yang tadi kita bahas? Apakah kamu juga pernah melakukan ketidaksengajaan dan berbuah hal baru yang justru jadi kebanggaan? *

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini



 

 

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait