Tak Lengkap Wisata ke Tasikmalaya Tanpa Kelom Geulis

Kamis, 08 Maret 2018 11:10 Clara Aditia Fashion

Tak Lengkap Wisata ke Tasikmalaya Tanpa Kelom Geulis

Di Sini Bisa Anda Jumpai Kelom Geulis Sheny

Koropak.co.id - Kelom geulis, buah karya industri kreatif yang menjadi identitas Kota Tasikmalaya yang tak lekang dari masa ke masa. Selain menghasilkan pundi rupiah, dengan memproduksi Kelom Geulis, para pengrajin juga turut berkontribusi melestarikan budaya khas Tasikmalaya tersebut.

Kelom Geulis Tasikmalaya memiliki daya tarik tersendiri. Sandal kaum hawa sangat menarik itu diukir dan dicat dengan berbagai motif. Nama Kelom Geulis sendiri diambil dari bahasa Belanda yakni Kelompen yang artinya Sandal Kayu. Adapun istilah Kelom Geulis sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sandal kayu cantik. Biasanya Kelom Geulis dikenakan untuk acara undangan hajatan maupun acara resmi.

Keunikan bentuk serta varian Kelom Geulis hingga saat ini tetap terjaga. Menjadikan sebuah ciri khas dan daya tarik Kelom Geulis yang membuatnya terkenal hingga ke mancanagara.

Mesti ditangani kaum Adam, proses pembuatan Kelom Geulis bisa sangat menarik. Bahan bakunya pun tidak sembarangan, khusus menggunakan kayu mahoni berkualitas. Usai mendapatkan bahan baku, kayu tersebut dijemur. Adapun hiasan Kelom Geulis mayoritas berupa motip bunga, payung, dan kujang.

Tak Lengkap Wisata ke Tasikmalaya Tanpa Kelom Geulis


Pemilik Kelom Geulis Sheny, H Otang menuturkan seiring perkembangan zaman, motif yang menghiasi Kelom Geulis produksinya hadir dengan motif-motif terkini.

"Alhamdulillah, Kelom Geulis kami kini sudah bisa menembus pasar ekspor mancanegara seperti Jepang, Korea, Taiwan, Philipina, Singapura, bahkan Belanda," ucapnya.

H Otang menambahkan untuk segi harga, satu pasang Kelom Geulis dibanderol mulai Rp 50 ribuan untuk Kelom hak rendah, dan anak-anak. Sedangkan untuk kelom dewasa dibanderol mulai Rp 150 ribuan untuk dewasa dengan hak tinggi. Di samping itu, juga hadir produk terbaru dari Kelom Geulis Sheny, yakni tas untuk kaum hawa dengan model kelom Geulis dibandrol mulai Rp 100 ribuan

Produsen Kelom Geulis Sheny menghadirkan inovasi yang terus berganti guna mengimbangi perkembangan zaman. Kelom Geulis Sheny dengan bangga menjaga dan melestarikan industri kreatif khas Tasikmalaya agar tak lekang waktu.

Untuk informasi dan pemesanan, bisa mengunjungi workshop Kelom Geulis Sheny di Jalan Tamansari Gobras Nomor 42A Kota Tasikmalaya. Kelom Geulis Sheny juga hadir di Pasar Cikurubuk Pusat Grosir Blok A IV Nomor 765/766, Blok A III Nomor 666, atau hubungi pemilik Kelom Geulis Sheny, H Otang di nomor 08122355647, atau 081222402929.*



Berita Terkait